Seluruh Taruna-Taruni Semester I PIP Semarang ikuti Kuliah Umum tentang Wawasan Kebangsaan Bagi Pelaut di Era 4.0 di Auditorium Gedung Serbaguna “Mas Pardi” Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada hari Kamis, 17 Oktober 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Budi Joko Rahardjo , M.M selaku kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni.

Dr. Aris Sarjito, ST., M. AP. Kaprodi Managemen di Universitas Pertahanan sebagai narasumber Kuliah Umum menyampaikan enam lingkup bahasan  yaitu pengertian nilai, bangsa dan kebangsaan, wawasan kebangsaan dan nasionalisme, wawasan kebangsaan dan pelaut era 4.0, nilai-nilai kebangsaan, isu-isu penting dan permasalahan kebangsaan. Pelaut Indonesia era 4.0 dalam integrasi nasional bernuansa pertahanan dan keamanan dapat menjadi mata dan telinga dengan memanfaatkan internet of things untuk deteksi dini terhadap ancaman, terutama ancaman yang datang dari laut. Pelaut Indonesia era 4.0 merupakan komponen cadangan dalam Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

Seluruh taruna-taruni semester I yang hadir nampak antusias dalam mengikuti kegiatan kuliah umum. Hal tersebut terlihat dari sesi tanya jawab, mereka menggali berbagai informasi terkait wawasan kebangsaan bagi pelaut di era 4.0.

Kemudian sebagai kegiatan penutup acara adalah pemberian cenderamata kepada narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto Bersama.

Leave a Response