Di hari Rabu (9/10/19), sebanyak 213 taruna/i semester III program studi nautika, sembilan taruna staf dan lima pendamping Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan On Board Training di kapal KM. Kelimutu milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) di Dermaga Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Nakhoda KM. Kelimutu, Captain Muh. Anwar Noor dan turut mendampingi Kepala Kamar Mesin (KKM) “Bas” Sudjoto yang juga alumni PIP Semarang angkatan 32, Kepala PT. PELNI Cabang Semarang, Suprihatin, perwakilan dari PIP Semarang, Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar  beserta seluruh perwira dan kru kapal KM. Kelimutu.

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yaitu melaksanakan kuliah kerja nyata dengan bentuk On Board Training di atas kapal untuk menambah pengetahuan dan pengenalan langsung dengan kehidupan dan kegiatan di kapal guna persiapan praktek laut dan mengoptimalkan pengoperasian kapal niaga dalam menunjang kegiatan taruna/i. Pada kegiatan tersebut, taruna/i diberikan pengenalan kerja di deck, engine room, dan administrasi/hospitalisasi, melaksanakan familiarisasi dan kegiatan latihan sekoci. Kapal KM. Kelimutu terdiri dari 3 bagian yaitu Deck Department, Engine Department dan Hospitallity.

Di akhir kegiatan ditutup dengan melakukan “yel-yel” yang dilakukan oleh taruna/i angkatan LV dan dilanjutkan dengan foto bersama yang dilaksanakan dibagian “Top Deck” KM. Kelimutu bersama para perwira dan kru kapal KM. Kelimutu.

Leave a Response