Nautical Institute merupakan Organisasi Profesional Internasional untuk profesional maritim yang berkantor pusat di Inggris. Nautical Institute melakukan uji kelayakan di DPTC Semarang selama 2 hari, yang dilakukan pada hari Kamis-Jumat, 10-11 Oktober 2019 bertempat di Gedung INS (Integrated Navigation System) lantai 2 PIP Semarang.

Opening kegiatan tersebut dilakukan di ruang pertemuan VIP Gedung Serba Guna (GSG) Lantai 2 oleh Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc selaku Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dihadiri pula Capt. Suherman, M.Si., M.Mar. (Wakil Direktur II), F. Pambudi Widiatmaka, M.T., M.Mar.E. (Wakil Direktur III), Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. (Kabag Adm. Akademik & Ketarunaan) dan Capt. I Kadek Laju, S.H., M.M., M.Mar. (Kasubag Adm. Akademik).

PT. ARI merupakan pengelola dari DPTC Semarang. Perwakilan dari DPTC Semarang Capt. Bambang Eka Wibawa, M. Si., AFNI sebagai manager operational dan Capt. Fatawi Anwar M. Mar sebagai salah satu instruktur DPTC Semarang. Selain itu, dalam kegiatan audit tersebut hadir pula Qasim Masood sebagai Manager Accreditation Nautical Institute dan Noel Leith sebagai Support Technical Auditors. Program ini dilakukan setiap tiga tahun sekali. Untuk kelulusan peserta telah mencapai 406 orang sejak tahun 2016-sekarang (11 Oktober 2019).

Seperti yang dijelaskan Operational Manager DPTC PIP Semarang, peserta bukan saja dari para perwira pelaut yang bergerak di offshore industri yang berasal dari Indonesia saja, melainkan juga datang dari manca negara, seperti Australia, Iran, Malaysia dan juga sudah bekerja diberbagai perusahaan  luar negeri yang beroperasi di industri lepas pantai di berbagai negara untuk mensupport proses explorasi minyak dan gas bumi dilaut/lepas pantai.

Kunjungan ini dalam rangka menguji kelayakan standarisasi Nautical Institute. DPTC Semarang memiliki visi menjadi Dynamic Positioning Training Center yang terbaik di Indonesia. Selain itu, DPTC juga memiliki misi memberikan yang terbaik untuk menyampaikan pengetahuan Dynamic Positioning System, untuk mendidik dan menciptakan kantor DP yang terbaik berkualitas dan bertanggung jawab. Hasil auditor tersebut telah menyatakan bahwa DPTC Semarang telah reakreditasi sampai dengan tahun 2022.

Leave a Response