Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Suko Makmur kelurahan Kandri, di Waduk Jatibarang, kecamatan Gunungpati, kota Semarang pada Rabu, 25/09/2019.

Hadir membuka acara, mewakili Direktur PIP Semarang, Kepala Pusat P3M, H. Mustholiq, M.M., M.Mar.E. Dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah penyampaian materi keselamatan pelayaran, yang artinya berhubungan dengan wisata air dan hal yang berkaitan dengan sanitasi lingkungan di area sekitar waduk jatibarang.

Bentuk kegiatan di antaranya adalah ceramah dan tanya jawab, pemberian bantuan peralatan keselamatan pelayaran berupa Life Buoy Ring dan Life Jacket, serta pemberian bibit ikan Nila untuk selanjutnya dilepaskan di area waduk. Materi ceramah sesi pertama disampaikan oleh Andy Wahyu Hermanto, M.T. dengan topik “Teknik Keselamatan Diri”, dilanjutkan materi kedua “Basic Safety Training” oleh Moh. Zaenal Arifin, S.ST, M.M., dan materi terakhir “Sanitasi Lingkungan” oleh dr. Agung Priyo Adhitomo.

Rangkaian acara ditutup dengan pelepasan secara simbolis benih ikan Nila di area waduk jatibarang oleh perwakilan dari kelurahan Kandri yang dihadiri oleh Kasi. Kesejahteraan Sosial, Listiyono, S.H., Kapus P3M PIP Semarang, Ketua POKDARWIS Suko Makmur, Widodo, Babinsa Koramil Gunungpati, Peltu. Choiri dan Babinkamtibmas Polsek Gunungpati, Bripka. Hendru Eko Ariyanto.

Leave a Response