Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bon Voyage Perwira Transportasi Laut LXXXIX dan Lulusan Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, IV & V Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, melantik 404 orang wisudawan di Plaza Bintang pada Jum’at, 20 September 2019.

Pelantikan melalui prosesi penyematan atribut Perwira, penyerahan ijazah, dan pemercikan tirta sapta samudera kepada perwakilan lulusan terbaik dari masing-masing program diklat, serta penerima lencana prestasi pada bidang tertentu. Dalam periode ini, 404 orang wisudawan yang dilantik tersebut meliputi: 73 orang D.IV Nautika, 76 orang D.IV Teknika, 50 orang D.IV TALK, 27 orang DP.3 Nautika, 17 orang DP.3 Teknika, 17 orang Pasis I: Nautika, 19 orang Pasis I: Teknika, 23 orang Pasis II: Nautika, 18 orang Pasis II: Teknika, 20 orang Pasis III: Nautika, 17 orang Pasis IV: Nautika, 14 orang Pasis IV: Teknika, 13 orang Pasis V: Nautika dan 20 orang Pasis V: Teknika.

Dalam sambutannya Kapusbang SDM Perhubungan Laut meminta kepada wisudawan untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa asing, khususnya Inggris, mengingat komunikasi adalah hal yang penting dalam pekerjaan dimana acapkali armada niaga kerapkali diawaki orang asing.

“Kerja keras itu dinikmati oleh mereka yang mampu  berkomunikasi dengan baik dengan pimpinannya dimanapun dia berada. Bahasa itu bisa karena terbiasa. Tunjukkanlah Indonesia itu dibutuhkan dunia. Tunjukkanlah bahwa diri kita adalah SDM terbaik yang dibutuhkan negara-negara lain. Di era digitalisasi 4.0 harus mampu menyajikan yang terbaik, baik bagi diri kita, keluarga dan negara. Maka dari itu jangan cepat puas, banggalah pada diri kita Indonesia Jaya. Oleh karena itu kami selaku pembina teknis, bersama seluruh tenaga pendidik bertekad menciptakan SDM unggul untuk Indonesia maju demi merajut nusantara membangun bangsa. Pendidik yang baik adalah dia tahu dan bertanggung jawab tahu dimana anaknya, dan bagaimana, mengapa dan berapa anaknya dibayar. Jangan jadi orangtua yang melahirkan anak setelah itu tidak tahu anaknya entah dimana, terserah kemana. Itu bukan orangtua yang baik, bukan lembaga pendidikan baik,” tegas Kapusbang SDM Perhubungan Laut.

Untuk diketahui acara pelantikan kali ini mengambil tema: “PIP SEMARANG SIAP MENCETAK SDM MARITIM UNGGUL UNTUK INDONESIA MAJU DAN BERDAYA SAING GLOBAL”. Dalam Laporan Pendidikannya, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc menyatakan Para lulusan Program Diploma IV telah menjalani program pendidikan yang meliputi Seleksi Penerimaan (Administrasi, Tes Potensi Akademik, Psikotes, Kesehatan, Wawancara), MADATUKAR (Masa Dasar Pembentukan Karakter), Proses Belajar Mengajar (PBM), Ujian Pra Prala, Praktek Berlayar selama 12 bulan, Ujian Pasca Prala, Ujian Keahlian Pelaut, dan Penyusunan Karya Ilmiah. Kurikulum penyelenggaraan Diklat Pelaut Mengacu pada Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK.07/BPSDM-2016 tentang Kurikulum Program Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan dan Peningkatan Kompetensi di Bidang Pelayaran.

Leave a Response