2.597 Orang Wisudawan dari Sekolah Kedinasan di Bawah Kementerian Perhubungan Matra Darat, Laut, dan Udara, diantaranya 199 Orang dari PIP Semarang dilantik sebagai Perwira Transportasi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pelantikan dilaksanakan dalam Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu pada Rabu (18/9) di Lapangan Timur Monas.

Menhub yang bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus melantik para Perwira Transportasi melalui prosesi penyematan Epolet Perwira dan pengalungan Samir kepada 3 (tiga) perwakilan lulusan terbaik dari masing-masing matra.

“Saya berharap, sebagai perwira transportasi, saudara dapat terus menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan sesama alumni untuk memperkuat nasionalisme dan semangat kebangsaan dimanapun Saudara berada. Ada 3 (tiga) hal yang perlu diingat dimanapun Saudara bertugas dan berkarya, yaitu lakukan budaya melayani, budaya keselamatan serta budaya bekerja keras yang berintegritas. Saya berharap kalian dapat terus meningkatkan kemampuan dan kinerja sehingga menjadi SDM Transportasi yang unggul baik di kancah nasional, regional, maupun internasional,” kata Menhub dalam sambutannya.

Dalam Laporan Pendidikannya, Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan menyatakan Wisuda terpadu ini mengangkat tema: “PENGEMBANGAN SDM YANG BERKELANJUTAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL”. Tujuan penyelenggaraan Wisuda Terpadu Perwira Transportasi Darat, Laut, Dan Udara Badan Pengembangan SDM Perhubungan adalah untuk membangun jiwa korsa korps perwira transportasi sebagai perwujudan solidaritas dari seluruh matra di lingkungan BPSDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan dan meningkatkan semangat nasionalisme, cinta kepada tanah air dan kebanggaan terhadap korps perwira transportasi.

Perwira Transportasi yang diwisuda hari ini berasal dari 15 lembaga diklat dan berbagai Program Studi pada 3 (tiga) Sekolah Tinggi, 9 (sembilan) Politeknik, 2 (dua) Akademi di lingkungan Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan, berjumlah 2.597 orang, dengan rincian matra darat 756 orang, matra laut 1.135 orang dan matra udara 796 orang.

Turut hadir menyukseskan upacara ini dari PIP Semarang, Peniup Terompet “Sangkakala”, Tim Korsik Drum Band taruna “Gema Perwira Samodera” dan Paduan Suara “Gema Irama Samodera”.

Leave a Response