Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang memyelenggarakan kegiatan Workshop Percepatan Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) di The Sunan Hotel Jln. Ahmad Yani 40 Solo, Jawa Tengah pada Kamis – Sabtu, 12-14 September 2019. Hadir memimpin jalannya kegiatan Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc.

Berdasarkan ketentuan Pasal 10 ayat (1) Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 61 Tahun 2016 Tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, wajib bagi Perguruan Tinggi untuk menyampaikan laporan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi ke PDDikti (Pangkalan Data Dikti) secara berkala pada semester ganjil, genap dan semester antara. Penyampaian data laporan penyelenggaraan Pendidikan tersebut dilaksanakan dengan mekanisme pemanfaatan SIAKAD. Untuk itu dilaksanakan workshop percepatan pemanfaatan SIAKAD.

Bertindak sebagai narasumber Agus Nugroho, ST., MT., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Materi pelatihan yang digunakan pada kegiatan ini adalah: Entry Profil Taruna

Entry Master Kurikulum, Entry Mata Kuliah, Entry/PLoting Pengajar, migrasi KRS dari data SIAKAD lama ke data SIAKAD baru, sinkronisasi Data SIAKAD ke Feeder PIP Semarang.

Dalam Laporan Kegiatan, Ketua Tim Percepatan Pemanfaatan SIAKAD yang juga Kepala Bagian Administrasi Akademik Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si menyatakan Tim bertugas sebagai berikut :

Melakukan penginputan data akademik Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang; melakukan validasi data akademik sebelum proses migrasi ke Pangkalan Data Dikti (PDDIKTI);

Melaporkan hasil percepatan pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) kepada Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang;

Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini diantaranya dari Sub Bagian Administrasi Pendidikan, Program Studi Nautika, Teknika dan TALK, Unit Teknologi Informatika, Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni yang semuanya berjumlah 30 orang.

Leave a Response