Sebanyak 199 orang Taruna Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dilantik sebagai Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel) dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-89 di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi pada Jum’at, 13 September 2019.

“Bagi Anda yang baru memulai masuk dalam dunia kerja, jangan terlalu banyak memilih pekerjaan hanya didasarkan pada pertimbangan materi atau pendapatan semata. Pekerjaan di dunia pelayaran sangatlah luas dan beragam, bukan hanya di perusahaan pelayaran saja tetapi juga instansi pemerintah yang mengoperasikan kapal-kapal negara seperti Direktorat Navigasi, Syahbandar, KPLP, Polair, TNI, Basarnas, Barkamla, serta Direktorat Bea dan Cukai. Di bagian pendidikan pelayaran, negara saat ini juga membutuhkan kader-kader pendidik, dosen dan instruktur baru,” pesan Direktur PIP Semarang pada wisudawan dalam sambutannya.

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo., M.Si. menyatakan, wisudawan kali ini terdiri dari 73 Wisudawan Program Studi (Prodi) Nautika, 76 Wisudawan Prodi Teknika dan 50 Wisudawan Prodi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Dengan ini PIP Semarang telah menghasilkan lulusan sebanyak 11.404 orang.

Para wisudawan prodi Nautika dan Teknika ini mendapatkan COC (ceritificate of competency) Ahli nautika Tingkat III dan Ahli Teknika  Tingkat III (ANT/ATT III) serta mendapatkan gelar vokasi sarjana Diploma IV yaitu Sarjana Terapan Pelayaran  (S.Tr. Pel) dan mendapatkan sertifikasi profesi P1 dari LSP Kepelabuhan PIP Semarang untuk wisudawan TALK.

Selanjutnya, diantara wisudawan ini, ada yang mendapatkan predikat terbaik dan kepadanya diberikan Lencana atas prestasinya, yaitu:

  1. Lencana “Kartika Niti Yogya” Prodi Nautika, atas nama : RHEVAN RHERY ANDHIKA
  2. Lencana “Kartika Niti Yogya” Prodi Teknika, atas nama: REZZA SATRIA ADI
  3. Lencana “Kartika Niti Yogya” Prodi TALK,
  4. Lencana “Kartika Nugraha Adhibrata”, atas nama: FEBRYAN HERMANA PUTRA
  5. Lencana “Kartika Nugraha Adhiraga”, atas nama: IQBAL DWI PRAKARSA
  6. Lencana “Kartika Nugraha Adhiwicara”, atas nama: SAKTIAN TEGAR ELFANSYAH
  7. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Nautika”, atas nama: ANGGARA PURWANDARU
  8. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Teknika” ,atas nama: FATAHILLAH MUTTAQIN
  9. Lencana “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi TALK” , atas nama: MUHAMMAD MUJIBURROKHMAN

Leave a Response