Senin (09/09/19) PIP Semarang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Administrasi dan Akademik Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar bersama 3 perguruan tinggi lain turut berpartisipasi dalam acara Presentasi Perguruan Tinggi di SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang.

Presentasi diawali dengan pemutaran video company profile PIP Semarang. Dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait PIP Semarang, mulai dari profil, visi, misi, cara mendaftar, syarat mendaftar, hingga prospek kerja bagi lulusannya. Presentasi dilaksanakan di Aula SMA PL Don Bosko Semarang dengan jumlah peserta 168 siswa kelas 12 baik jurusan IPA maupun IPS. Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar menyampaikan bahwa lapangan kerja di dunia pelayaran sangat luas, terlebih lagi wilayah NKRI yang sebagian besar berupa lautan.

Para siswa sangat antusias mengikuti acara presentasi, banyak dari mereka yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Salah satunya pertanyaan terkait prospek kerja setelah lulus, apakah harus berlayar atau tidak.  Kemudian dijelaskan bahwa lulusan PIP Semarang tidak harus berlayar, tergantung jurusan apa yang diambil, apakah Nautika, teknika, atau Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan. Selain itu, ada 3 jalur penerimaan, yang pertama Jalur pola Pembibitan dimana lulusannya akan menjadi PNS, kedua jalur regular dimana lulusannya dapat berlayar maupun bekerja di instansi pemerintahmaupun perusahaan pelayaran, dan begitu pun dengan yang ketiga jalur mandiri.

Presentasi diakhiri dengan pembagian hadiah kepada 3 orang penanya yang beruntung.

Leave a Response