Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Danau dan Penyeberangan (Kapuslitbang TLDP), Capt. Sahattua P. Simatupang, MM., M.Mar. hadir memberikan Kuliah Umum dalam rangka Sosialisasi International Conference of Transportation Research and Innovation (ICTRI) 2019 kepada perwakilan Taruna Semester VIII, dosen dan instruktur di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Besar pada Senin, 9 September 2019.

Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. dalam sambutan pembukaan acara menyatakan, “Untuk hal teknis taruna bagus, namun untuk hal lain seperti penelitian, pola pemikirannya perlu dipertajam, dilatih, sehingga setiap kegiatan seperti sekarang kita undang. Mungkin tidak semuanya. Untuk mengembangkan cakrawalanya. Kebetulan kita akan ada internasional seminar international conference.”

Dalam paparannya, Kapuslitbang menyampaikan materi mengenai “Integrasi Transportasi Dalam Mendukung Pengembangan Aksesibilitas dan Konektivitas Wilayah”. Selanjutnya beliau menyampaikan mengenai akan dilaksanakannya kegiatan ICTRI 2019 pada 13 – 14 November 2019 di AYANA Midplaza JAKARTA. Sejumlah program dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah: Plenary Sessions; Seminar (Call for Paper) dengan topik: Integrasi dan Manajemen Transportasi, Transportasi Cerdas dan Berkelanjutan, Infrastruktur dan Teknologi Transportasi, serta Transportasi Multimoda dan Logistik; Workshop; Exhibition; Poster; dan Site Visit (MRT Jakarta). Terkait Paper diharapkan partisipasi dari segenap Civitas Academica PIP Semarang.

Ketika mendapat pertanyaan dari Taruni mengenai bagaimana cara meningkatkan awereness, kepedulian generasi muda, taruna, CPNS, maupun fresh graduate untuk mendapatkan inovasi baru beliau menjawab, “Kuncinya pada K4, yaitu: koordinasi, komunikasi, korespondensi, dan konfirmasi.”

Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi narasumber Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo.,  M.Si. dan Ketua Kelompok Penelitian Vega F. Andromeda, S.ST, S.Pd, M.Hum

Leave a Response