(Selasa, 03/09/19) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali mengadakan kegiatan Masa Pembinaan Fisik dan Mental (Matapbintal). Kali ini bagi Taruna Calon Semester VII Periode September 2019 – Februari 2020. Secara resmi kegiatan dibuka bersamaan dengan Apel Komando pada Senin, 2 September 2019 di Plaza Bintang PIP Semarang.

Setelah melaksanakan penyematan pita sebagai tanda peseta Matapbintal kepada perwakilan, Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memberikan sambutan. “Bagi Taruna-Taruni Semester 7 yang akan mengikuti Matapbintal kami ucapkan secara resmi selamat datang kembali ke kampus setelah kurang lebih setahun anda meninggalkan kampus PIP Semarang ini dalam rangka melaksanakan praktek kerja di perusahaan maupun di kapal-kapal niaga. Untuk itu perlu adanya rerfreshing untuk peningkatan kedisiplinan dan akan dilaksanakan mulai hari ini sampai selesai. Kepada Taruna-Taruni agar mengikuti dengan baik dengan sungguh-sungguh apa yang akan diberikan nantinya dalam melaksanakan Matapbintal,” kata Direktur PIP Semarang.

Dalam Laporan Kegiatan Kepala Pusbangkatarsis Capt. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar yang dibacakan Sekretaris Pusbangkatarsis Janny Adriani Djari, S.ST., M.M dinyatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan Matapbintal ini diantaranya adalah: sebagai reorientasi untuk menyiapkan mental taruna/i yang baru saja menyelesaikan masa praktek darat dan laut, agar siap kembali memasuki kehidupan kampus dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku; sebagai masa persiapan dan reorientasi untuk mensosialisasikan berbagai informasi pendidikan dan aturan kampus yang akan berlaku bagi Taruna-Taruni selama menyelesaikan masa pendidikan hingga lulus nantinya; dan masa rerorientasi untuk menanamkan nilai-nilai positif dan meminimalisir pengaruh negatif selama Taruna-Taruni menjalani praktek laut dan darat

Selanjutnya dinyatakan bahwa kegiatan Matapbintal yang akan dilaksanakan meliputi: Kepemimpinan taruna senior, Peraturan Baris Berbaris, Pendidikan Jasmani Taruna, Struktur organisasi PIP Semarang, English Marching Command , Teamwork, Seminar dan Diskusi dengan berbagai narasumber, serta outbound di Rivermoon Klaten.

Peserta kegiatan Matapbintal ini adalah Calon Taruna Semester VII yang berjumlah 224 taruna. Terdiri dari 72 taruna Program Studi (Prodi) Nautika, 70 taruna Prodi Teknika, serta 80 taruna Prodi KALK.

Leave a Response