Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Akses E-Journal dan E-Book” di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi PIP Semarang pada Rabu, 28 Agustus 2019. Kegiatan dibuka oleh Wakil Direktur II Sarifuddin, M.Pd,  M.Mar.E.

Dalam sambutannya, Wadir II menyampaikan apresiasi pada Perpustakaan PIP Semarang yang telah mendapatkan Akreditasi A pada awal tahun 2019, yang tentunya tak lepas dari berbagai layanan yang diberikan. Termasuk diantaranya dengan layanan e-jurnal yang sudah dilanggan dan e-book yang sudah dibeli, sehingga dapat diakses oleh Civitas Academica PIP Semarang sebagai sumber referensi dan ilmu.

”Untuk mendapatkan hasil yang baik perlu buku atau referensi yang bagus pula. Perlu up to date. Mari dengan adanya inovasi perpustakaan, mari kita bersama-sama untuk melakukan yang terbaik. Baik untuk diri kita maupun institusi. Yang hadir pada saat ini, dosen, instruktur, taruna mohon memerhatikan bagaimana bisa memahami cara mengakses baik dalam bentuk jurnal maupun referensi yang sudah up to date dan diakui internasional,” kata Wadir II.

Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan Alfi Maryati, SH menyatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada pengajar dan taruna khususnya semester 7 mengenai cara akses E-Journal dan E-Book. Selain itu diberikan juga informasi mengenai cara submit atau mengajukan artikel ke jurnal internasional.

Rangkaian acara terdiri dari Sambutan Wakil Direktur II, kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Product Specialist I-Group Asia Pasific Ririana yang mempresentasikan mengenai Springer dan Emerald dan Journals Sale Executive Indonesia Taylor and Francis Asia Pacific Ardy Chandra, serta Sambutan dari Direktur utama PT Nuansa Elektrindo Tama (NET) Asep Yaya Sungkawa. Acara berlangsung dari jam 09.00 -12.00 WIB dengan peserta tenaga pengajar yang terdiri dari dosen dan instruktur, serta taruna-taruni semester akhir.

Leave a Response