Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan Sholat IdulAdha 1440 H di Plaza Bintang Taruna pada Ahad, 10 Dzulhijjah 1440 H / 11 Agustus 2019 pukul 06:00 WIB. Dalam kesempatan tersebut hadir Direktur PIP Semarang Dr.Capt. Mashudi, Rofik M.Sc. dan beserta segenap Civitas Academica PIP Semarang.

Rangkaian Sholat IdulAdha diawali dengan takbir yang diikuti oleh seluruh jama’ah. Bertindak sebagai imam dan khatib Ustadz Zainuddin, S.Pd. Setelah Sholat Ied, Khotib menyampaikan khotbah dengan tema “Dengan Berkurban Marilah Kita Menanamkan Ikhlas pada Diri Kita Guna Mensyukuri Segala Nimat yang Ada”.

Di dalam khutbahnya, Khatib mengingatkan kembali para jamaah atas kerelaan Nabi Ibrahim AS & Nabi Ismail dalam menjalankan perintah dari Alloh. Hal tersebut merupakan ujian yang luar biasa, karena Alloh meminta umatnya untuk mengorbankan nyawa. Namun karena keikhlasan mereka, maka Alloh mengganti nabi Ismail AS dengan domba dari surga. Hal tersebut berarti apabila manusia mau berjuang di jalan Alloh, maka ia akan mendapatkan pengganti yang lebih baik dari yang dikorbankannya.

“Nabi saja dapat ujian. Apalagi kita manusia biasa. Keimanan ketakwaan akan terus diuji untuk mengetahui sejauh mana kesetiaan kita. Perlu diingat bahwa pemberi rizky berasal dari Alloh, dan terkadang dengan jalan yang tak disangka-sangka. Jangan takut meninggalkan kegiatan yang berdosa. Bila perlu nyawa dikorbankan. Jadilah muslim yang totalitas dan berbuat maksimal. Sebagai mahasiswa, jadilah mahasiswa yang terbaik. Sebagai dosen, jadilah dosen yang terbaik, begitu juga misalnya presiden atau profesi lainnya. Bertakwa akan mendapatkan kemudahan segala urusan. Setiap rizky sudah dijamin dan ditentukan. Pengorbanan tidak mengurangi sedikit pun kadar rizky bahkan ditambah,” pesan Khotib.

Kegiatan sholat Idul Adha di PIP Semarang ini terbuka untuk Umum. Masyarakat nampak berduyun-duyun hadir turut menyemarakkan.