Politeknik Ilmu Pelayaran sebagai lembaga vokasi di bidang pelayaran, pada tahun 2019 ini kembali menyelenggarakan diklat Perwira Kapal Negara Tingkat III bagi Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kementerian Keuangan, Angkatan ke-2.

Secara formal pembukaan Diklat Perwira Kapal Negara Tingkat III bagi Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dipimpin oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc.dan dinyatakan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng dan DI. Yogyakarta, Parjiya, dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan pada Rabu (07/08/19) bertempat di Gedung Serba Guna “Mas Pardi” lantai 3 kampus PIP Semarang.

Dalam sambutannya, Direktur PIP Semarang menyampaikan harapan agar kerjasama ini akan terus berlanjut kedepannya, baik dari institusi maupun dari pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang akan menempuh pendidikan di PIP Semarang. Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta diklat.

Pelaksanaan Diklat Perwira Kapal Negara Tingkat III  diawali dengan Kegiatan Orientasi Pembangunan Karakter yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu 07/08/19 sampai dengan Jumat.09/08/19, diikuti oleh 48 orang pegawai DJBC, yang terbagi menjadi dua, yaitu Perwira Deck berjumlah 24 orang, dan Perwira Mesin berjumlah 24 orang.