Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengadakan Seminar dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Taruna dan Taruni PIP Semarang. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Besar (RSB), serta sejumlah Kelas di gedung Polux dan Betelguese pada Rabu, 24 Juli 2019.

Acara dibuka oleh Wakil Direktur 1 Nasri, MT, M.Mar.E. Dalam sambutanya beliau menyampaikan terimakasih kepada tim sekolah vokasi UGM atas kerjasamanya dengan PIP Semarang dalam memberikan materi pengetahuan Karya Ilmiah khususnya untuk taruna-taruni PIP Semarang.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Dekan Sekolah Vokasi UGM Dr. Silvi Nur Oktalina S. Hut, M. Si. Wakil Dekan menyampaikan ucapan terimakasih kepada PIP Semarang atas kerjasama yang sudah berlangsung hingga tahun ke-3. “Harapannya kerjasama dan PIP ke depan semakin lancar, dan juga memberikan manfaat kepada Taruna-Taruni,” kata Wakil Dekan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada Taruna-Taruni khususnya semester 4 dan 7 tentang penulisan karya ilmiah. Untuk semester 4 dapat digunakan sebagai pedoman dalam penulisan penelitian ketika melaksanakan prala dan prada, lalu untuk semester 7 sebagai pedoman penulisan skripsi, sedangkan untuk dosen dan pengajar sebagai sharing ilmu serta menyelaraskan persepsi dalam hal metode dan teknik analisis dalam penelitian karya ilmiah.

Materi yang disampaikan meliputi: metode penelitian dan teknik analisis data penelitian seperti Fishbone, Fault, Tree Analisis (FTA), Swot, USG dll. Narasumber menyampaikan materi di 9 kelas semester 4, yang terdiri dari 3 Program Studi (Prodi) yaitu Nautika, Teknika, KALK; 2 kelas semester 7 Prodi Nautika, dan 1 kelas untuk diskusi para dosen pengajar PIP Semarang.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Adi Oktavianto S. T, M. M, Pejabat Stuktural dan Fungsional PIP Semarang, 12 orang narasumber dari Sekolah Vokasi UGM (Unniversitas Gajah Mada) 12 orang, serta Bapak Ibu Dosen PIP Semarang.