Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menggelar kegiatan pembekalan Pra Prala/Prada untuk seluruh Taruna/i Semester 4 dilaksanakan selama dua hari. Di hari kedua Selasa (23/07/19) kegiatan pembekalan dilaksanakan di Lantai 3 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi.

Kegiatan hari kedua ini diikuti oleh 231 Taruna/i Semester 4 PIP Semarang. Dalam pembekalan ini mereka mendapatkan materi dan motivasi praktek kerja di atas kapal dari Capt. Suarniati, M.A., M.Mar Personal Staff of President Director PT. Samudera Shipping. Beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang pelaut harus memiliki semangat dan motivasi yang kuat agar dapat bertahan di atas kapal. Tak hanya itu, bukan hanya laki-laki saja yang dapat menjadi seorang kapten kapal, para wanita pun juga dapat menjadi seorang kapten.

Selanjutnya, materi kedua Panduan Pelaksanaan Buku Catatan Pelatihan Cadet (Training Record book) oleh Capt. Rudiana, M.M. Beliau menyampaikan gambaran kehidupan di atas kapal, pengenalan keselamatan di atas kapal, dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas di kapal.