PIP Semarang Gelar Seminar Proposal Penelitian

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang melaksanakan Seminar Proposal Penelitian di Ruang Sidang Besar PIP Semarang pada Rabu, 10 Juli 2019. Seminar dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Kapus PPPM) Adi Oktavianto, ST, MM.

“Target PIP Semarang tahun 2019 adalah 14 penelitian, dan dengan yang diseminarkan kali sudah mencapai 9 penelitian,” kata Kapus PPPM dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber Cepi Kurniawan, Ph.D dari Bidang Inovasi dan Komersialisasi LPPM Unnes. Dalam paparannya beliau menyampaikan berbagai pengetahuan terkait penyusunan Proposal Penelitian. “Penelitian harus mengunggulkan kualitas lembaga dan meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi,” katanya.

Pada acara inti dipaparakan 3 proposal penelitian. Yang pertama disampaikan oleh Capt. Arika Palapa, M.Si.,M. Mar dengan judul “Hubungan Adversity Intelligence dan Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Belajar Menghadapi Ujian Keahlian Pelaut”. Kemudian proposal berikutnya “Analisis Fungsi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) sebagai Sea and Coast Guard Guna Penegakan Hukum Pelayaran di Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang (Tinjauan Yuridis Undang – Undang No 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran) oleh Dr. Winarno, S.ST., M.H, dan yang ketiga proposal berjudul “Upaya Mencegah Idle Time Melalui Perspektif pada PT. PBM. Alam Sejati yang Melakukan Proses Stevedoring di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang” oleh Daryanto, SH., MM.

Setelah pemaparan hadirin diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan atau sumbang saran, dan pemakalah memberikan tanggapan. Berikutnya adalah masukkan dari reviewer dosen senior PIP Semarang Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd., M.Mar dan Sri Suyanti. S.S.

Tujuan diadakan seminar proposal penelitian ini selain sebagai salah satu kegiatan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga menjadi Program Kerja dari Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PIP Semarang tahun anggaran 2019, serta target kerja BLU PIP Semarang.