Rabu (10/07/2019), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengadakan pelatihan Training for Instructors (T.O.T) 6.09 IMO Model Course di Hotel Horison Nindya Semarang. Didampingi oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik, M.Sc., T.O.T dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Capt. Dian Wahdiana, MM.

Dalam sambutannya Capt. Dian Wahdiana menyampaikan kepada seluruh peserta agar tetap semangat karena training ini adalah awal dari cita-cita untuk menjadi pengajar atau dosen kedepannya.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukayadnya, M.M., dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Sub Direktorat Standarisasi Pelatihan, Capt. Saidal Siburian, M.M, menyampaikan bahwa Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 42 sejalan dengan persyaratan yang diminta oleh International Maritime Organization melalui konvensi International STCW 1978 Amandemen 2010 pada section A-1/8 tentang quality standard.

T.O.T IMO Model Course 6.09 adalah pelatihan yang diberikan kepada para pengajar dan calon pengajar pada lembaga diklat kepelautan, guna menyiapkan bagaimana cara mengajar dengan menggunakan metode model course 6.09 serta bagaimana mengevaluasi saat pembelajaran dan pengajaran berlangsung.