Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mendapatkan kunjungan Studi Banding dari Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 Djalaluddin Gorontalo pada Kamis, 4 Juli 2019. Rombongan diterima di lantai 2 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi oleh Wakil Direktur II Sarifuddin, M.Pd,  M.Mar.E. beserta jajaran.

Suherman Lakoro, A.Md., Kasi Pelayanan dan Kerjasama Kantor UPBU Kelas 1 Djalaluddin Gorontalo menyatakan tujuan studi banding adalah untuk meningkatkan kinerja Kantor UPBU Kelas 1 Djalaluddin Gorontalo sebagai satker Kementerian Perhubungan yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan,  Badan Layanan Umum (PPK – BLU), khususnya terhadap Pengelolaan Keuangan, Pemanfaatan aset, kerjasama, dan SDM. Dalam kegiatan ini,  yang dilaksanakan selain pemaparan juga melihat dokumen sebagai data dukung.

“Kita harus bisa pandai mencari sumber pendapatan, sehingga dapat memberikan tambahan penerimaan pada lembaga,” kata Wadir II dalam sambutannya.

Dalam Studi Banding dibahas sejumlah hal diantaranya adalah mengenai pengelolaan keuangan BLU, juknis remunerasi, pengelolaan aset serta peluang-peluang yang menghasilkan penerimaan BLU yang lain.

Turut mendampingi Wadir II, Kabag Keuangan dan Umum, Ketua SPI, Kadiv PU, Bendahara Penerimaan, Kanit Perencanaan dan Evaluasi, Kasubbag Umum dan Penata Laporan Keuangan. Sementara dari Kantor UPBU Kelas 1 Djalaluddin Gorontalo turut hadir Kasubag Keuangan dan Tata Usaha Irmawatie Pulubuhu, S.H., M.Si, Bendahara Pengeluaran Fitriah Sawal, S.E, Pengelola Kepegawaian Eviyanti Adam, S.E. dan Nurpratiwi, serta Pengelola Keuangan Kartini.