Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan jamuan pada perusahaan pelayaran mitra, serta memberi penghargaan pada perusahaan terpilih bertajuk “Coffee Morning & Company Priority Award”. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta pada Kamis, 27 Juni 2019.

Wakil Direktur I PIP Semarang, Nasri, MT, M.Mar.E dalam sambutannya menyatakan, gelaran ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan perusahaan dan memberikan reward kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada para kadet untuk menimba ilmu di perusahaannya. Dapat diketahui tema acara ini adalah ‘Bergandengan Tangan, Menggenggam Lautan’.

“Saat ini kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 serta komitmen pasar bebas menuntut daya saing dan kualitas SDM Pelayaran. Selain itu moda transportasi laut di masa mendatang masih akan menjadi pengangkut mayoritas bagi komoditi yang dibutuhkan manusia di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia sebagai negara kepulauan. Harapan ke depan, kami dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan pelayaran dalam hal pelaksanaan Pendidikan dan Keterampilan yang bersertifikat STCW maupun non STCW bagi para pekerjanya,” katanya.

Tak hanya untuk bersilaturahmi, dalam kegiatan ini dihadirkan pula sejumlah narasumber yang memberikan paparan terkait kebijakan dan informasi terkini terkait bidang pelayaran. Narasumber pertama adalah Kasubdit Kepelautan Ditkappel, Capt. Hendri Ginting, M.M yang menyampaikan mengenai “Maritim Labour Convention (MLC) 2006”, kemudian narasumber berikutnya adalah Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc, yang kebetulan pernah menjabat sebagai Direktur PIP Semarang pada tahun 2015-2017.

Adapun nama perusahaan penerima award adalah: PT Salam Pacific Indonesia (SPIL), PT Karya Sumber Energy (KSE), PT. Jasindo Duta Segara, PT Pertamina, Benhard Shulte Shipmanagement (BSM), PT Asia Marine Temas, PT Topaz Maritime, PT Samudera Indonesia, PT NYK/Cipta Wira Tirta dan PT Kawasaki Line. Reward yang diberikan berupa layanan prioritas dalam hal pelayanan sertifikasi, pendidikan dan ketrampilan di kampus PIP Semarang.