Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Suherman Samiri, General Manager PT. Sumber Bakat Insani (SBI) di Ruang Tamu VIP Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang pada Selasa, 25 Juni 2019.

Sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerjasama dengan Nomor: HK.201/2/10A/PIP/Smg-19, Ruang Lingkup perjanjian meliputi: pelaksanaan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dalam rangka peningkatan dan pengembangan SDM di bidang Perhubungan Laut, Proses penerimaan peserta diklat STCW dan proses prekrutan dan penempatan awak kapal sesuai persyaratan dan kebutuhan, serta Narasumber dalam menunjang kegiatan untuk pemenuhan pengembangan SDM.

“Kami selalu meng-encourage taruna kami untuk memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan,” kata Direktur PIP Semarang di sela kegiatan penandatanganan kerjasama.

Sementara itu Suherman Samiri menyatakan bahwa awak kapal yang dipekerjakan oleh perusahan SBI hampir semuanya adalah orang Indonesia. “Crew majority orang Indonesia. Bahkan sampai masakannya masakan Indonesia. Untuk muslim disediakan tempat sholat juga,” katanya.

Untuk informasi PT. SBI merupakan Manning Agent yang ditunjuk secara resmi oleh Perusahaan Holland America Line untuk melakukan rekrutmen, pelatihan, proses dokumen dan hal-hal lain yang diperlukan untuk pemberangkatan para pemuda/pemudi Indonesia untuk bekerja di kapal-kapal pesiar milik Holland America Line.