Selasa (18/06/19) Pasca libur lebaran Idul Fitri 1440 H, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar acara halalbihalal bersama Direktur, segenap civitas akademika, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang, dan segenap tamu undangan dari berbagai instansi. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang.

Ustadz Faturrohman dalam tausiyahnya menyampaikan materi terakait makna Halalbihalal, menjaga toleransi antar sesama dan makna dari lagu sholawat Lir-Ilir yang dahulu digunakan Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam. Walaupun terkesan sepele dan cenderung dianggap sebagai lagu doolanan, namun lagi Lir-Ilir memiliki makna yang mendalam mengenai agama dan kehidupan dunia.

“Selalu berbuat baik, apresiasi kelebihan saudaranya, jangan melihat kekurangannya. Tidak perlu mempermasalahkan mengenai cara beribadah orang, masing-masing memiliki dasar. Bukan berarti yang pakai surban itu salah atau fanatik. Saya sendiri memakai peci. Ada Sunan yang pakai batik, blangkon, sarung, atau jubah. Semua menjadi satu. Itulah Indonesia. Cita-cita pendiri bangsa Indonesia agar kita selalu utuh,” kata Ustadz Faturrohman.

Sebelumnya, acara diawali dengan sambutan dari Direktur PIP Semarang Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc, beliau menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H dan mengucapkan minal aidin wal faizin. Beliau juga mengajak semuanya untuk senantiasa memperbaiki diri. Dilanjutkan dengan lantunan lagu religi oleh Tim Nasyid dan Kosidah Taruna/Taruni PIP Semarang. Kemudian, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Bapak Dannu Putranto dan saritilawah Ibu Riasny Dewi Annafril.

Acara berikutnya prosesi pamitan oleh calon jemaah haji pegawai PIP Semarang oleh Bapak Budi Joko Raharjo, M.M, Adi Oktavianto, dan Capt. Vega Fonsula beserta ibu.

Acara ditutup dengan doa bersama  yang dipimpin oleh Ustadz Faturrohman dan dilanjutkan acara salam-salaman yang diikuti bapak Direktur berserta seluruh civitas akademika PIP Semarang dan tamu undangan.