Sabtu (15/6/19), Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf, S.H., M.P.A., mengisi Kuliah Umum Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

Sebagai moderator kuliah umum adalah Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Hary Kriswanto, SH., DESS. Hary Kris membuka kuliah umum dengan menyampaikan pentingnya memperhatikan aturan BKN oleh seluruh pegawai, baik ASN maupun non ASN.

Dalam paparannya, Supranawa Yusuf menyampaikan beberapa hal antara lain isu strategis manajemen PNS, transformasi manajemen PNS dan gap kompetensi PNS. Pengaruh industri 4.0 dalam pemerintahan antara lain kecepatan layanan, transparansi, dan interkoneksi. “Yang bisa direspon sekarang, ya sekarang, jangan ditunda,” jelas Supranawa.

Kuliah umum yang dilaksanakan di Gedung Balai Mas Pardi ini diikuti oleh seluruh pegawai PIP Semarang. Dalam sambutannya Direktur PIP Semarang menyampaikan kondisi PIP Semarang saat ini. Antara lain tentang jumlah pegawai, jumlah Taruna dan Pasis, kebutuhan dosen, strategi meningkatkan kompetensi dosen, dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki PIP Semarang.