Sebanyak 11 taruna-taruni PIP Semarang dari semester 1, 3, 7 & 8 menerima Beasiswa Kartika Niti Yogya sejumlah 55 juta rupiah dari kampus PIP Semarang berdasarkan indeks prestasi belajar dengan kondite perilaku setidaknya “Baik” pada setiap semesternya. Selain itu diserahkan juga beasiswa Bidang Olahraga, Seni dan Bahasa kepada 11 taruna-taruni PIP Semarang dengan total 37,5 juta rupiah atas prestasinya dalam ajang Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) Tingkat Nasional Tahun 2019. Secara simbolis pemberian penghargaan disampaikan Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc pada Apel Komando pertama setelah libur lebaran di Plaza Taruna Kampus PIP Semarang Senin, 17 Juni 2019.

“Kami harapkan dengan pemberian tadi dapat memberi motivasi kepada seluruh taruna/i, peserta diklat dan pasis untuk meningkatkan daya saing mencapai prestasi setinggi mungkin. Demikian pula untuk seni dan olahraga, kita harus bersaing diantara kita dan dengan institusi lain,” kata Direktur PIP Semarang dalam sambutannya.

Selanjutnya Direktur PIP Semarang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri pada peserta Apel mengingat hari ini merupakan hari pertama bagi taruna/i, perwira siswa, serta peserta DPM memulai perkuliahan baru setelah libur Lebaran. Direktur kemudian mengingatkan kepada peserta Apel untuk selalu mengikuti peraturan kampus. “Kembali lagi saya mengingatkan setelah hampir 2 minggu di rumah, bahwa anda sekarang hidup di asrama agar saling menghormati, menghargai, menjaga ketertiban, menjaga kesopanan,” kata Direktur PIP Semarang.

Selanjutnya pada Apel Komando ini dilaksanakan juga pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) untuk Kapal Niaga, Kapal Layar Motor dan Diklat Teknis Dasar-dasar Kesyahbandaran di PIP Semarang ditandai dengan pernyataan pembukaan oleh Direktur PIP Semarang. Kemudian Direktur PIP Semarang melaksanakan pengenaan atribut diklat berupa pemasangan topi dan pengalungan kartu tanda peserta oleh kepada perwakilan peserta.

“Kepada peserta DPM sebagai warga baru PIP Semarang juga untuk selalu menjaga ketertiban, kebersihan dan mengikuti perintah yang diberikan instruktur, pembina. Jaga ketertiban di PIP Semarang, perjalanan di hotel maupun selama tinggal di hotel, jaga kebersihan saat menerima ransum, makanan, agar bekas tersisa dapat dikumpulkan dan dibersihkan tempatnya. Untuk dosen dan pengajar agar segera mengisi pembelajaran/pelatihan sesuai jadwal yang telah ditugaskan, karena ini adalah hari pertama dosen memberikan pembelajaran sama seperti taruna-taruni masuk kelas,” pesan Direktur PIP Semarang.