Sivitas Akademika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 01/06/2019 di Auditorium Balai “Mas Pardi” Gedung Serba Guna kampus PIP Semarang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, mewakili Direktur PIP Semarang yang berhalangan hadir, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Wisnu Risianto, M.M dengan Komandan Upacara Fuad Ardhani Rahman, S.SiT. Peserta upacara terdiri dari pejabat Stuktural dan Fungsional, Dosen, Instruktur, para pegawai dan karyawan/i PIP Semarang, hadir pula para pegawai dari UPT lain di bawah BPSDMP Kemenhub dan pegawai dari Instansi lain.

Dalam amanat upacara, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka Harlah Pancasila. Dalam sambutan dinyatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Dalam sambutan yang sama pula Kepala BPIP menyampaikan pesan, “Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan”.

Tanggal 1 Juni resmi ditetapkan menjadi Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016. Tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.