Sebagai implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian masyarakat, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang menyelenggarakan kegiatan penyuluhan keselamatan dan kesehatan pelayaran serta pengobatan gratis di Desa Sedang Sikucing, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dimotori oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PIP Semarang tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 April 2019. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan penyuluhan tentang keselamatan dan kesehatan pelayaran kepada para nelayan dan pemilik kapal sejumlah 53 orang. Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Sendang Sikucing, dibuka oleh Kepala Desa Sendang Sikucing, Harsoyo Budi Utomo.

Narasumber penyuluhan, Capt. Tri Kismantoro, MM., M.Mar dan dr. Iksiroh El Husna, M.Kes. Pada hari kedua yakni 27 April 2019 pagi, kegiatan pengabdian diisi dengan pengobatan gratis bagi warga sekitar desa Sendang Sikucing. Bertempat di kawasan wisata Pantai Cahaya, warga tampak antusias memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.