Segenap Civitas Akademika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 pada Kamis (2/05/2019). Upacara yang dilaksanakan di Plaza Taruna Kampus PIP Semarang ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Direktur III PIP Semarang, Capt. Dodik Widarbowo, M.T., M.Mar. dan yang bertugas sebagai Komandan Upacara, Ahmad Mauludin, S.T., pegawai di bagian SubBag. Administrasi Akademi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika PIP Semarang mulai dari para dosen, pejabat struktural dan fungsional, para pegawai, karyawan/i, pasis dan seluruh taruna/i PIP Semarang.

Inspektur Upacara, Capt. Dodik Widarbowo, M.T., dalam kesempatan ini membacakan pidato dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam kesempatan ini pula, Inspektur Upacara mengatakan “Peradaban dunia berkembang secepat deret ukur. Sementara dunia pendidikan bergerak seperti deret hitung. Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.”