Setelah melaksanakan Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru Kementerian Perhubungan tahun 2019/2020 di kota Ternate, Maluku Utara, PIP Semarang juga ikut berpartisipasi dalam acara Sosialisasi Sipencatar 2019/2020 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Bertempat di Swiss-Belhotel Balikpapan Ocean Square (11/04/2019), acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara, Sri Lestari Rahayu, S.H., LL.M.

“Pembangunan fisik atau infrastruktur seharusnya dibarengi dengan pembangunan non fisik, khususnya sumber daya manusia perhubungan yang terampil, kompeten dan professional. Kami berharap dari sekolah-sekolah di bawah Kementerian Perhubungan, ikut dapat berperan menciptakan sumber daya manusia yang terampil atau ahli dalam transportasi. Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang dimaksud membutuhkan arah yang jelas dalam mengejar misi Kementerian Perhubungan dalam rangka menciptakan sistem transportasi dengan zero accident,” pungkas Sri Lestari Rahayu, dalam sambutannya.

Di tunjuk sebagai koordinator roadshow sosialisasi SIPENCATAR di kota Balikpapan, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang sekaligus menjadi Narasumber dari Matra Udara, Ketua STPI, Capt. Novyanto Widadi, S.AP, M.M., telah berkoordinasi dengan PIP Semarang sebagai Narasumber dari Matra Laut, yang diwakili oleh Capt. Wisnu Risianto, M.M., Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal sebagai Narasumber dari Matra Darat, yang diwakili oleh Ridwan Gunawan, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan dan Dinas Perhubungan Kota Balikpapan.

Ketua STPI menyampaikan “Kegiatan Roadshow ini untuk memperkenalkan sekolah sekolah di bawah Kementerian Pehubungan dalam hal ini BPSDM kepada para siswa menengah tingkat atas, diharapkan putra putri dari Balikpapan khususnya dan seluruh kota-kota di Provinsi Kalimantan Timur pada umumnya dapat diterima di sekolah sekolah BPSDM dalam jalur pola pembibitan (ikatan dinas), reguler maupun mandiri. Di tahun 2019 BPSDM Perhubungan memberikan kuota sebesar 2676 taruna di 13 sekolah kedinasan dibawah BPSDM Perhubungan.”

Setelah pemaparan dari para narasumber terkait program Pola Pembibitan, Program Reguler dan Program Mandiri, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta yang hadir sekaligus pemberian doorprize kepada peserta yang mengajukan pertanyaan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari para guru Bimbingan Konseling (BK) SMA dan SMK di sekitar Kota Balikpapan. Turut hadir pula dalam acara sosialisasi tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra, S.Sos., M.Si., Senior Vice President Of Corporate Safety And Risk Angkasa Pura II, Achmad Rifai, para siswa/i SMA Negeri 5 Balikpapan, SMK Negeri 6 Balikpapan, SMA Negeri 2 Balikpapan, SMA Kartika Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan, SMK Negeri 1 Balikpapan dan SMA Negeri 7 Balikpapan.