Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc., melantik Wisudawan LXXXVIII dan Perwira Siswa menjadi Perwira Pelayaran Niaga

Sebagai Inspektur Upacara, Hayati melantik 211 wisudawan ke 88 dan 30 Perwira Siswa Tk. III angkatan 32, pada Jumat, 5 April 2019 di Plaza Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Prosesi pelantikan perwira ditandai dengan penanggalan epolet taruna dan epolet perwira siswa. Secara simbolik Hayati memasang epolet perwira pelayaran niaga dan brevet kartika kepada wisudawan terbaik. Dilanjutkan dengan prosesi memercikkan Tirta Sapta Samudra sebagai simbol harapan dan doa, semoga dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaut kelak, para wisudawan akan mengarungi tujuh samudera.

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc., saat membacakan laporan pendidikan menyampaikan bahwa para wisudawan dan perwira siswa berhak mendapatkan Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut Tingkat III. Dalam sambutannya, Hayati mengingatkan bahwa tugas dalam menyiapkan generasi maritim masih panjang dengan tantangan yang lebih besar dan menuntut integritas tinggi dan profesionalisme. “Peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan harus dimulai dari perbaikan pola pengasuhan pembangunan karakter melalui cara humanis dan penuh rasa kekeluargaan”, ungkap Hayati.

Turut hadir dalam upacara ini Inspektur Jenderal Perhubungan Wahju Satrio Utomo, dan pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan.