Porsicika (Pekan Olahraga dan Seni Civitas Akademika) 2019 secara resmi dibuka pada Jumat (15/03/19) oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Acara pembukaan berlangsung secara meriah, Porsicika 2019 tidak hanya diikuti oleh para Taruna dan Taruni, tetapi juga oleh segenap pegawai PIP Semarang. Porsicika 2019 mempertandingkan berbagai cabang olahraga dan seni, diantaranya sepak bola, voli, sepak takraw, basket, catur, dan karaoke.

Setelah semua pertandingan selesai, digelar acara penutupan Pekan Olahraga dan Seni Civitas Akademika Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang 2019 pada Selasa (26/03/19). Acara Porsicika Night 2019 bertempat di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi.

Acara penutupan diawali dengan penampilan Brassband,tari dari para Taruna Taruni PIP Semarang. Dilanjutkan laporan pelaksanaan kegiatan porsicika 2019 oleh Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa Capt. I Kadek Laju, S.H, M.M, M.Mar. yang pada akhir laporannya  menyampaikan bahwa juara umum  untuk kegiatan porsicika tahun ini diraih oleh Batalyon 3 (semester 7&8), Selanjutnya dalam sambutanya Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. menyampaikan agar kegiatan porsicika ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan, sportivitas, soliditas sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang harmonis dilingkungan PIP Semarang, mengakhiri sambutan Direktur sekaligus  menutup secara resmi porsicika  PIP Semarang tahun 2019.