Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan bagi calon wisudawan untuk dapat bersaing dalam Dunia Kerja, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Pembekalan Calon Wisudawan Perwira Pelayaran Niaga PIP Semarang Ke-88 Tahun 2019. Acara bertempat di Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi”, Kamis 21 Maret 2019 yang diikuti oleh 216 taruna/i calon wisudawan dari Program Diploma IV.

Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni, Budi Joko Raharjo, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan ini untuk mengenalkan calon wisudawan kepada dunia kerja. Dunia kerja merupakan suatu dunia yang baru bagi calon wisudawan, maka dari itu diperlukan suatu seni, kiat dan cara yang didapatkan pada kegiatan pembekalan ini. “Melalui kegiatan ini para calon wisudawan Perwira Pelayaran Niaga dapat cepat beradaptasi pada dunia kerja sehingga mampu berkompetisi dengan kompetitor yang lain.”, ungkap Kasubbag. Administrasi Ketarunaan dan Alumni.

Pembekalan yang pertama disampaikan oleh Capt. Ahmad Subaidi, Head of Bernhard Schulte Ship Management (BSM) Crew Service Centre Indonesia, yang merupakan alumni PIP Semarang angkatan 27 (1994), membawakan materi kiat-kiat mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dan meningkatkan kompetensi. Selanjutnya pada sesi yang kedua disampaikan oleh Budi Joko Raharjo, M.M menggantikan Capt. H. Toto Sugianto, S.E., M.M., MBA, Ketua Umum KAP3B Semarang yang pada saat itu berhalangan hadir, membawakan materi pentingnya korps alumni bagi para lulusan sebuah lembaga diklat dan keberadaan KAP3B Semarang bagi alumni SPS, SPM, P3B, BPLP dan PIP Semarang.