Pada Jumat (22/03/19) lalu, PIP Semarang menerima kunjungan pendidikan dari RA Al-Hidayah UIN Walisongo Semarang. Peserta kunjungan terdiri dari 34 siswa berusia antara 3-5 tahun beserta 7 orang guru pendamping. Kunjungan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang profesi atau pekerjaan, khususnya pekerjaan sebagai pelaut di dunia pelayaran.

Perwakilan dari Humas PIP Semarang dan beberapa Taruna/i PIP Semarang menyambut dan memandu para peserta kunjungan. Dalam kegiatan kunjungan ini, para siswa dan pendamping diperkenalkan lebih dekat dengan kampus PIP Semarang, kapal sekoci, dan alat-alat keselamatan yang biasa digunakan para pelaut ketika sedang berlayar. Misalnya seperti jaket pelampung (life jacket), pelampung (life buoy), dan baju hangat (immersion suit). Tidak hanya diperkenalkan, namun para siswa dan pendamping juga diajak untuk mencoba memakai alat-alat keselamatan tersebut.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk mengunjungi Laboratorium Simulator “Meti”. Disana para siswa dan pendamping merasakan sensasi seakan-akan berada di dalam kapal sungguhan. Dan melihat secara langsung bagaimana kapal dioperasikan melalui alat simulator kapal. Kegiatan kunjungan pendidikan ditutup dengan penyerahan souvenir oleh kedua belah pihak dan foto bersama.