Tak seperti biasanya, pada Jumat (01/03/19) lalu, area kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dipenuhi dengan tawa riang dari kanak-kanak. Maklum saja, pagi itu PIP Semarang menerima kunjungan pendidikan dari Kelompok Bermain (KB) Budi Luhur, Semarang. Peserta kunjungan terdiri dari 17 siswa berusia antara 3-4 tahun beserta beberapa guru pendamping. Kunjungan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa mengenai pekerjaan, khususnya menjadi pelaut di dunia pelayaran.

Perwakilan dari Humas dan beberapa Taruna/i PIP Semarang menyambut dan memandu para peserta. Dalam kegiatan tersebut anak-anak diperkenalkan lebih dekat akan kampus PIP Semarang, kapal sekoci serta alat-alat keselamatan yang biasa digunakan para pelaut ketika sedang berlayar. Misalnya jaket pelampung (life jacket), pelampung (life buoy), dan baju hangat (immersion suit). Anak-anak pun diajak untuk mencoba mengenakan peralatan tersebut.

Kegiatan selanjutnya yaitu mengunjungi Laboratorium Simulator Meti. Sensasi seakan-akan berada di dalam dan menyaksikan secara langsung bagaimana kapal dioperasikan melalui alat simulator pengemudian kapal, sungguh sangat dirasakan oleh seluruh peserta. Kegiatan kunjungan ditutup kuis berhadiah, penyerahan suvenir oleh kedua belah pihak, dan foto bersama.