Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) bekerjasama dengan Australian Border Force (ABF) menyelenggarakan Kursus Penggeledahan Kapal (Vessel Search Course), kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Februari 2019 bertempat di Kapal Latih KN. Bima Sakti, pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan peserta berjumlah 18 orang petugas penegak hukum kelautan dari Indonesia dan Timor Leste, serta 6 Taruna PIP Semarang juga terlibat dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini terselenggara atas rujukan program kerja Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) tahun 2019 hasil kerjasama dengan pemerintah Australia. Tujuan pelatihan ini untuk mengasah ketrampilan, pengetahuan dan kepercayaan diri untuk melakukan penggeledahan kapal (perorangan maupun komersial) dan mengembangkan kolaborasi antar lembaga/negara, sehingga terbentuk kompetensi berikut ini, pertama mengikuti kebijakan  dan prosedure kesehatan dan keselamatan yang telah ditentukan, kedua mengamati lingkungan yang membahayakan, ketiga mengidentifikasi ruang-ruang tertutup, dan keempat melaksanakan penggeledahan terhadap kapal kecil (nelayan) dan kapal pesiar/wisata.

Instansi yang turut mendukung dalam kegiatan ini adalah, Polair Polda Jateng, Australian Border Force di Jakarta, Badan Narkotika Nasioal (BNN), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, serta Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.