Topaz Maritime mengadakan seleksi taruna praktek laut (Prala) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang angkatan 54. Kegiatan bertempat di lantai 3 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi kampus PIP Semarang pada Kamis-Jum’at, 14-15 Februari 2019. Tes tertulis dilaksanakan pada hari pertama, kemudian dilanjutkan tes interview di hari kedua.

Menurut trainer PT. Topaz Maritime Safrudin S. Miki yang hadir dalam kesempatan ini, pada hari pertama materi berupa tes tertulis, kemudian di hari Jum’at untuk seleksi interview. “Nantinya para cadet yang diterima akan berlayar ada yang di domestik, ada juga overseas, keliling dunia. Kapal kita ada 3 jenis: kapal tanker, chemical & gas, dan juga ada offshorenya,” kata Safrudin S. Miki.

Mendahului kegiatan seleksi, dilaksanakan Kuliah Umum dari PT. Topaz Maritime. Hadir sebagai pembicara Safrudi S. Miki dan Capt. Rismanadi, serta didampingi Laura Natalia, staf trainer. Materi kuliah umum diantaranya adalah soal motivasi, bagaimana seseorang bisa mendapatkan kesempatan jika dia mau dan berusaha.

“Memang betul Anda sebagai taruna, perwira muda punya banyak kesempatan tapi tergantung bagaimana Anda menyikapi kesempatan tersebut. Contoh Topaz memberikan lowongan, tapi Anda nggak ngambil ya nggak bisa jadi Perwira. Gunakan kesempatan ini. Sebenarnya di dunia ini nggak ada orang bodoh. Anda harus rajin membaca dan mencatat. Itu kunci yang paling utama untuk Anda mencapai sukses,” kata Capt. Rismanadi dalam paparannya.

Dalam kesempatan kunjungan ke PIP Semarang, perwakilan PT. Topaz Maritime turut mengikuti kegiatan makan siang taruna bersama Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc, Kasubag Administrasi Ketarunaan dan Alumni Budi Joko Raharjo, M.M serta Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar. Dalam kesempatan tersebut dari pihak PIP Semarang menyampaikan Cinderamata kepada PT. Topaz Maritime.

Hasil seleksi disampaikan kepada PIP Semarang oleh PT. Topaz Maritime, tertanggal 18 Februari 2019 dan ditandatangani oleh Manager Crew Development, Syachrul Sjahab. Dari 71 peserta, terdapat 10 orang yang berhasil lolos seleksi. 5 orang taruna dari Prodi Nautika dan 5 orang taruna dari Prodi Teknika. Berdasarkan perkiraan jadwal, untuk cadet program DP.3 akan ditempatkan di armada kapal mulai Mei 2019 dan untuk cadet program D.IV akan ditempatkan mulai Juli 2019.