Sebanyak 141 taruna DP. III angkatan 54 program studi (Prodi) Nautika dan Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mendapatkan pembekalan pra prala di lantai 3 Gedung Serba Guna Balai “Mas Pardi” kampus PIP Semarang, pada Senin-Selasa, 11-12 Februari 2019.

Mewakili Direktur yang berhalangan hadir, Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni, Budi Joko Raharjo, M.M., membuka secara resmi acara kegiatan pembekalan tersebut. Dalam sesi hari pertama pembekalan pra prala dimulai oleh Narasumber, Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar., yang saat ini menjabat sebagai Pengevaluasi Program Praktek Kerja,  menyampaikan materi dengan tema “Pengumuman Posisi Taruna Prala”, dilanjutkan materi ke 2 dengan tema “Motivasi Di Atas Kapal” yang disampaikan oleh Narasumber Capt. Ahmad Subaidi, Head of Bernhard Schulte Ship Management (BSM) Crew Service Centre Indonesia. Kegiatan pembekalan pra prala di hari pertama ditutup dengan sesi tanya jawab kepada seluruh taruna.

Di hari kedua acara kegiatan pembekalan pra prala, di awali oleh Narasumber, Nasri, M.T., M.Mar.E, Wakil Direktur I PIP Semarang, materi dengan tema “Management Di Atas Kapal” , dilanjutkan materi selanjutnya dengan tema “Penjelasanan TRB & KKP” oleh Capt. Arika Palapa, M.Si, M.Mar, Sekretaris Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) dan Iksan Saifudin, S.S.T.Pel, Pengadministrasi PUKP. Materi dengan tema “Pengalaman Di Atas Kapal”  disampaikan oleh Kepala Pusbangkatarsis,  Capt. I Kadek Laju, S.H., M.M., M.Mar, dan sebagai materi terakhir sekaligus penutup dalam rangkaian acara kegiatan Pembekalan Pra Prala Taruna DP. III Angkatan 54 PIP Semarang, disampaikan secara langsung oleh Budi Joko Raharjo, M.M, Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni.

Kegiatan pembekalan pra prala ini merupakan tambahan ilmu pengetahuan dari praktisi dan akademisi yang sudah berpengalaman di bidang pelayaran, melengkapi kurikulum prodi Nautika dan Teknika yang sudah ada.