PT. Pertamina mengadakan seleksi taruna praktek laut (Prala) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang angkatan 54. Kegiatan bertempat di lantai 2 Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi kampus PIP Semarang pada Kamis-Jum’at, 14-15 Februari 2019. Tes tertulis dilaksanakan pada hari pertama, kemudian dilanjutkan tes interview di hari kedua.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Ketarunaan dan Alumni, Budi Joko Raharjo, M.M dalam sambutan pembukaan kegiatan menyatakan harapannya agar para taruna/i bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan lancar dan banyak yang diterima. Untuk diketahui sistem rekrutmen cadet prala PT. Pertamina tidak berdasarkan kuota tapi berdasarkan standar kelulusan. “kepada seluruh peserta tes Pertamina ini  untuk betul-betul melaksanakan tes ini dengan baik, tunjukkan kemampuan terbaik para Taruna. Karena untuk PT Pertamina ini bukan berdasarkan kuota. Artinya kalau memang nilai tidak memenuhi  ya tidak lulus, tapi kalau lulus semua ya akan diambil semuanya,” katanya.

Pernyataan senada juga disampaikan Capt. Brahma Adeyanto, M.Mar., Industrial Relation – Crewing PT. Pertamina (Persero) – Shipping. “Kita hanya merekrut sekolah tertentu saja yang terbaik cadetnya. Seluruh pelajar dari Sabang sampai Merauke, tapi bukan berarti kesempatan taruna dari PIP Semarang makin kecil, tidak. Karena kita punya standar sendiri. Misal kita nilai yang qualified adalah satu orang, yang kita ambil ya cuman satu orang. Begitu juga di bila kita nilai bisa lebih dari itu, ya tidak apa-apa,” katanya.

Kasubag Administrasi Ketarunaan dan Alumni melanjutkan, peserta tes berasal dari program DP. 3 dan D.IV prodi Nautika dan Teknika. Untuk DP.3 siap keluar asrama bulan ini, sehingga apabila lolos tes bisa langsung lapor ke PT. Pertamina untuk melaksanakan MCU. Namun untuk D.IV baru keluar asrama pada akhir juli, sehingga pada awal agustus baru siap melaksanakan praktek. “Mohon kepada PT Pertamina  nanti bisa dipilih-pilih untuk Waktu mereka mereka siap melaksanakan praktek. Sekali lagi mudah-mudahan mereka semua bisa diterima,” pesannya kepada PT. Pertamina.

Dalam seleksi ini terdapat 10 orang taruni, yang terdiri dari 9 orang Prodi Nautika dan 1 orang Prodi Teknika. Capt. Brahma Adeyanto, M.Mar. menegaskan bahwa PT. Pertamina adalah perusahaan yang menjunjung kesataraan gender. “Kami memberikan kesempatan yang sama, tidak ada perbedaan gender untuk bergabung dengan perusahaan,” katanya.

Hasil seleksi diumumkan pada kesempatan makan siang di Gedung Menza usai Sholat Jum’at. Dari 77 peserta, terdapat 11 orang yang berhasil lolos seleksi. 4 orang taruna dan 2 orang taruni dari Prodi Nautika, serta 4 orang taruna dan 1 orang taruni dari Prodi Teknika. 7 orang dari program D.IV dan 4 orang dari program DP.3.

Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc hadir memberi sambutan dan bertukar Cinderamata dengan PT. Pertamina didampingi Kasubag Administrasi Ketarunaan dan Alumni serta Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar. Dalam kesempatan ini, turut hadir pula dari PT. Pertamina Nahkoda Capt. Fauzan, Chief Engineer Hariyadi, dan Adiansyah dari crewing Pertamina.