Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, H. Irwan S.H., M.Pd., M.Mar.E. dan Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Hj. Nurhidayah, S.H., M.H. melaksanakan penandatanganan kerjasama tentang “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Bidang Perhubungan Laut” di Hotel Chanti, Semarang, Kamis, 7 Februari 2019.

Ruang lingkup Kesepakan Bersama tersebut meliputi bidang: Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan potensi daerah, dan Bidang lain yang disepakati Para Pihak. Kesepakatan Bersama ini berlaku sampai dengan tanggal 07 Februari 2020 sejak tanggal ditandatangani, dapat diperpanjang, diakhiri dan dievaluasi atas dasar kesepakatan Para Pihak. Seperti diketahui, pada tahun 2018, PIP Semarang dan Kabupaten Kotawaringin Barat telah melaksanakan kerjasama Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM).

“Sudah saya sampaikan pada ibu bupati tadi bahwa banyak hal yang bisa kita kaji untuk peningkatan SDM Kotawaringin khususnya di bidang maritim. Yang pertama saya sampaikan bahwa Saya tahu persis di sana daerah pariwisata bukan hanya lokal tapi mancanegara,” kata Direktur PIP Semarang dalam sambutannya.

Direktur PIP Semarang melanjutkan, PIP Semarang membuka Diklat Pembentukan berupa Diploma IV dan Diklat Pelaut Tingkat III (DP. 3). Untuk program Diploma IV akan dibuka program Mandiri dan program DP3 dengan lama belajar 1,5 tahun di darat dan setahun praktek kerja di laut. “Sarjana yang sudah terlanjur sekolah namun belum kerja diberi kesempatan mengikuti pendidikan DP3. Beda dengan D.4. Bedanya DP3 satu tahun setengah di darat, kemudian praktek setahun, setelah itu kembali ke kampus untuk ujian kompetensi dan mendapatkan ijazah,” kata Direktur PIP Semarang.

Selaras dengan hal tersebut, Bupati Kotawaringin Barat berharap agar nantinya calon-calon Taruna yang berasal dari Kotawaringin Barat dapat terakomodir untuk bisa masuk di PIP Semarang. Bupati yakin apabila taruna asal Kotawaringin Barat lulus dari PIP Semarang, bisa mendermakan ilmunya bagi kemajuan di Kabupaten tersebut. “Kami berharap taruna/i kami nanti bisa terakomodir masuk PIP Semarang. Saya dengar dari pak Kadis Perhubungan pak Hermon, peminatnya sudah banyak. Kami harap putra-putri terbaik kami dapat ditampung diterima dan dididik,” kata Bupati Kotawaringin Barat.

Dalam kesempatan MoU ini, turut menyaksikan pejabat struktural, fungsional dan dosen PIP Semarang. Sementara Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat didampingi Wakil ketua I DPRD, Asisten I Pemerintahan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKPP, Kadis Perhubungan, Kepala Bappeda, Plt. Kadis PUPR, dan Kabag Pemerintahan.