Taruna PIP Semarang Dilarang Melakukan Tindak Kekerasan

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, H. Irwan S.H., M.Pd., M.Mar.E. menyatakan, pihaknya akan menindak tegas taruna yang melakukan kekerasan. Baik sesama ataupun lintas angkatan, semisal dari senior terhadap junior.

“Saya berjanji saya akan usut bilamana terjadi kekerasan. Saya beri sanksi. Tidak ada toleransi, pembelaan terhadap yang sifatnya kekerasaan. Kalau dibiarkan berarti kami yang memelihara supaya itu berulang dan berulang. Saya tidak mau di PIP Semarang satu orang yang berbuat yang lainnya kena,” kata Direktur PIP Semarang di hadapan taruna Calon Semester VII dalam sambutannya saat upacara pembukaan Masa Pemantapan Pembinaan Fisik dan Mental (Matapbintal) Taruna Periode Februari – Juli 2019 di Auditorium Gedung Serba Guna “Balai Mas Pardi” Rabu, 6 Februari 2019.

Pesan ini merupakan antisipasi dari Direktur PIP Semarang dan jajarannya. Menurutnya Calon Semester VII sebagai senior sebaiknya memberi contoh yang baik kepada juniornya, seperti bagaimana memahami aturan di kampus, berbagi pengalaman dalam belajar, bagaimana caranya mendapatkan perusahaan tempat praktek kerja, dan lain sebagainya. Seperti diketahui, Calon Semester VII merupakan taruna/i PIP Semarang yang baru saja selesai melaksanakan Praktek Laut (Prala)bekerja di atas kapal selama 1 (satu) tahun.

Sementara itu dalam Laporan Rencana Pelaksanaan Kegiatan, Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa, Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar. menyatakan tujuan kegiatan Matapbintal adalah: untuk menyegarkan kembali tentang tata cara kehidupan kampus beserta peraturan-peraturan yang berlaku, mengawali kembali kegiatan-kegiatan kampus sebelum Taruna-taruni menerima materi pembelajaran di kelas, mengembalikan fisik dan mental Taruna sehingga diharapkan mampu sebagai contoh, suri tauladan, terhadap junior-juniornya, menumbuhkan jiwa korsa dan cinta almamater dan mempersiapkan Taruna-taruni dalam mengemban tugas yang dipercayakan dan kegiatan kegiatan kampus yang akan dilaksanakan.

Matapbintal Taruna Calon Semester VII periode Februari – Juli 2019 diikuti oleh 76 orang taruna prodi Nautika dan 71 orang taruna prodi Teknika. Kegiatan dilaksanakan di Kampus PIP Semarang dan lokasi Outbound pada Rabu – Sabtu, 6 – 9 Februari 2019.