Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ambil bagian menyemarakkan Blora Education Fair yang diadakan oleh Forum Alumni Smansa Blora atau FASMABA.  Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Jumat sampai dengan Minggu, 25 sampai 27 Januari 2019 di Gedung Olahraga Mustika Blora ini. Beberapa kegiatan ini digelar di sini antara lain Pameran Pendidikan, Roadshow Motivasi, Seminar Motivasi dan Talkshow, Lomba Akustik, Blora Cerdas, TONAMPTN, Lomba Cipta Puisi dan Cerpen, serta donor darah.

Berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Termasuk juga perguruan tinggi besar seperti UGM, UNS, UNNES, UNDIP, UMS, UNY, Poltekkes Kemenkes Semarang dan lain-lain. Dari PTK hadir PIP Semarang dan PKN STAN. Hadir pula Universitas Terbuka yang kampusnya tersebar di berbagai daerah.

Kehadiran PIP Semarang dalam ajang ini turut mewarnai suasana pameran karena menawarkan program studi yang berbeda dengan PT lain. PIP Semarang hadir dengan mengenalkan berbagai program unggulannya, utamanya tiga program studi yang selama ini menjadi konsentrasi pendidikan yakni Nautika, Teknika, serta Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK). Terbukti cukup banyak pengunjung yang berkunjung ke stan PIP dan menanyakan seluk beluk pendidikan kedinasan ini.

Misalnya Fajar Andrianto, siswa SMA N 1 Tunjungan Blora yang menanyakan tentang kedisiplinan di perguruan tinggi ini. Dijawab oleh para taruna yang jaga stan bahwa PT ini memang sangat menekankan pembentukan karakter yang salah satunya adalah kedisiplinan karena institusi mencetak profesi pelaut yang sangat mementingkan sikap disiplin dan tanggung jawab.

Lain lagi Doni, siswa kelas 11 SMA N 2 Blora yang menanyakan masih ada dan tidaknya kekerasan di perguruan tinggi kedinasan ini. Alasannya dia pernah melihat berita di televisi beberapa waktu lalu ada taruna yang sampai meninggal di kampus. Dijawab para taruna yang jaga di stan bahwa PIP Semarang menekankan nilai-nilai kemanusian dan kelembutan. Yang ada adalah kedisiplinan, tanggung jawab, dan belajar hidup mandiri.

Keikutsertaan  PIP Semarang dalam  Blora Education Fair ini  diharapkan bisa mendorong masyarakat Blora tertarik menjadi pelaut meskipun wilayah Blora tidak termasuk dalam pantura.