Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mendapatkan Piagam Penghargaan Kerapian dan Kebersihan Area Kerja pada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018 untuk Kategori Unit Pendidikan. Piagam Penghargaan tersebut ditandatangani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tertanggal 26 Desember 2018 dan disampaikan Kepala Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan Raden Ari Widianto bersama surat pengantar pada 18 Januari 2019 ditujukan kepada Direktur PIP Semarang.

Penilaian Kerapian dan Kebersihan Area Kerja pada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2018 dilaksanakan oleh Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan sebagai bentuk penghargaan partisipasi PIP Semarang dan diharapkan dapat memotivasi untuk terus meningkatkan kerapian dan kebersihan area kerja. Pada November 2018, tim penilai mengunjungi berbagai fasilitas dan area kerja di PIP Semarang.

Pemberian piagam penghargaan ini disampaikan sesuai Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor: KP 900 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Penilaian Kerapian dan Kebersihan Area Kerja pada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan.