PIP Semarang Raih Akreditasi Institusi Predikat A dari BAN-PT

Pengakuan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sebagai tempat pendidikan dan kompetensi lulusannya berkualitas dikonfirmasikan dengan terbitnya Sertifikat Akreditasi No SK. BAN-PT No. 363/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tanggal 12 Desember 2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam sertifikat yang ditandatangani oleh Prof. T. Basaruddin, Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, dinyatakan bahwa Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kota Semarang terakreditasi dengan peringkat “Terakreditasi A”.
.
“Satu hal yang juga patut kita syukuri pada pagi hari ini adalah sebuah kabar menggembirakan yang perlu saya sampaikan kepada Bapak Ibu hadirin sekalian bahwa Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang baru saja berhasil mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT untuk lembaga, setelah sebelumnya akreditasi A telah diperoleh masing-masing Program Studi,” kata Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. dalam sambutannya saat memimpin upacara Inaugurasi “Taruna Muda” angkatan 55 PIP Semarang di Plaza Bintang PIP Semarang pada Sabtu, 15 Desember 2018.
.
Perolehan ini merupakan jerih payah kerja keras jalan panjang dari segenap Civitas Akademika PIP Semarang. Menurut Koordinator Akreditasi PIP Semarang Dr. Winarno, S.ST, MH dan Abdi Seno, M.Si, M.Mar.E, tahapan perolehan ini dimulai sejak Januari 2018. Selama empat bulan, hingga April 2018 dilaksanakan penyusunan dokumen borang standar 1-7 dan laporan evaluasi diri. Kesempatan untuk melakukan perbaikan dilaksanakan pada bulan berikutnya. Proses selanjutnya dari Mei hingga Juni 2018 dilaksanakan diseminasi, konsinyering, sampai dengan finalisasi. Kemudian pada bulan selanjutnya, untuk mendapatkan dokumen yang valid dan terhindar dari plagiasi, dilakukan pemeriksaan dengan mesin Turnitin. Hasilnya kemudian diunggah ke laman BAN-PT melalui Sistem Akreditasi PT Online (SAPTO). Pada Agustus-September 2018 ada sejumlah perbaikan pada dokumen dan dilaksanakan unggah ulang kelengkapan ke SAPTO.
.
Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi Visi Misi PIP Semarang kepada Civitas Akademika PIP Semarang yang dilaksanakan pada Oktober 2018. Kemudian pada 27 November 2018, tim asesor BAN-PT yang diketuai oleh Dr. Daeng Paroka, M.T dari Unhas Makassar, dan anggota Ir Subagyo, Ph.D dari UGM hadir untuk melaksanakan visitasi di PIP Semarang. Dalam kegiatan ini dilakukan Pembahasan Borang dengan Pengelola dan Tim Penyusun; kunjungan ke Laboratorium, kelas, perpustakaan, ruang dosen, dan fasilitas pendukung lain. Lalu dilanjutkan wawancara dosen dan tendik. Setelah istirahat siang, kegiatan visitasi dilanjutkan wawancara Mahasiswa, Alumni, dan Pengguna Alumni, kemudian cek dokumen dan konsolidasi berita acara oleh Asesor. Setelah melalui proses seharian penuh dari jam 08.00-18.00 WIB, dilanjutkan proses sanggah terhadap Berita Acara Visitasi Lapangan. Pada jam 20.00 visitasi dinyatakan lengkap dan disepakati dua pihak dengan penandatangan BA antara Direktur PIP Semarang dengan Ketua Tim Asesor.
.
Sembari menunggu hasil visitasi, PIP Semarang mengisi umpan balik kepuasan layanan visitasi dan akhirnya pada 12 Desember 2018 keluarlah keputusan yang memberikan akreditasi A unggul kepada Perguruan Tinggi PIP Semarang yang artinya PIP Semarang setara dengan Perguruan Tinggi Besar lainnya. Sertifikat akreditasi perguruan tinggi ini berlaku 5 (lima) tahun, sejak 12 Desember 2018 sampai dengan 12 Desember 2023.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #akreditasi #akreditasia #banpt #sertifikatakreditasi

@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response