Inaugurasi Taruna Muda PIP Semarang Angkatan 55

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. memimpin upacara Inaugurasi “Taruna Muda” angkatan 55 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang di Plaza Bintang PIP Semarang pada Sabtu, 15 Desember 2018. Total taruna/i 515 orang, terdiri dari Taruna 465 orang dan taruni 50 orang.
.
Prosesi Inaugurasi ditandai dengan penyematan Brevet Bela Negara oleh Direktur PIP Semarang kepada perwakilan Taruna Muda Angkatan 55. Kegiatan inaugurasi ini dilaksanakan sebagai penutup Masa Dasar Pembentukan Karakter (MADATUKAR) dan Masa Pembinaan Mental dan Moral (MABINTAL).
.
“Taruna Muda” yang merupakan Taruna/i Semester 1 PIP Semarang ini telah melaksanakan MADATUKAR & MABINTAL selama 3 bulan dengan rincian: dua belas (12) hari di Balai Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) Ciwidey, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung dari 22 September sampai dengan 4 Oktober 2018, lalu di Komando Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro, Kabupaten Klaten dari 8 sampai 18 Oktober 2018, kemudian dilanjutkan di Kampus PIP Semarang selama 2 bulan dari 19 Oktober sampai dengan 15 Desember 2018.
.
Setelah upacara inaugurasi, kegiatan dilanjutkan prosesi Sujud Syukur sebagai Pernyataan Rasa Syukur Taruna Muda atas selesainya MADATUKAR & MABINTAL. Selanjutnya adalah hiburan yang meliputi Senam Balok dan Kolone Pedang, Rampak Bedug, Yel-Yel Taruna Muda 55, Tari Nusantara, Drumband, Tari Tobello dan ditutup dengan Prosesi Temu Orang tua Taruna Muda untuk pertama kalinya setelah tidak bertemu selama tiga bulan.
.
Selanjutnya mulai hari ini sampai dengan Sabtu, 5 Januari 2019, para Taruna Muda berkesempatan libur Natal dan Tahun baru, sambil belajar mandiri di rumah mempersiapkan diri untuk ujian semester yang akan dilaksanakan tahun depan. Mereka akan kembali ke Asrama pada Minggu, 6 Januari 2019.
.
Sebelumnya para “Taruna Muda” ini telah dilantik oleh Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi pada Jum’at, 7 Desember 2018.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #tunastaruna #catar #tarunamuda

@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response