Gandeng Sekolah Vokasi UGM, PIP Semarang Selenggarakan Seminar Internasional ICTSD 2018

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bersama Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyelenggarakan “International Conference on Technology for Sustainable Development (ICTSD) 2018” di Eastparc Hotel, Yogyakarta pada Jum’at-Sabtu, 12-13 Oktober 2018.
.
Dalam sambutan pembukaan, Wakil Direktur I Bidang Akademik, Nasri, M.T., M.Mar.E menyatakan bahwa seminar ini diharapkan akan menjadi momentum bagi para akademisi untuk menyelesaikan masalah utama dan memberikan masukan yang positif serta mengembangkan Perguruan Tinggi dalam menghadapi “Era Disruption” guna meningkatkan Ekonomi Masyarakat.
.
“Semoga para pemangku kepentingan dapat menggunakan hasil dari seminar ini untuk meningkatkan perkembangan yang terintegrasi,” kata Wadir I.
.
Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut, M.Si, Ketua Penyelenggara ICTSD 2018 dalam laporan penyelenggaraan kegiatan menyatakan bahwa terdapat empat klaster dalam Seminar Internasional ini. Pertama adalah Transportasi dan Logistik; kedua Kehutanan dan Lingkungan Hidup, ketiga Humaniora, serta keempat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
.
Di hari pertama, pada klaster “Transportasi dan Logistik” hadir sebagai narasumber Dr. Robert de Souza dari Institut Logistik: Asia Pasifik, Singapura; Suprapto, S.E., M.M dari Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia; Dr. Eng. Ahmad Rusdiansyah dari ITS Surabaya dengan moderator, Dr. Winarno, S.ST., M.H. dari PIP Semarang. Selanjutnya pada hari kedua, terdapat 16 (enam belas) artikel terkait “Transportasi dan Logistik” yang akan disajikan dalam seminar ini, diteliti dan ditulis oleh dosen, instruktur dan alumni PIP Semarang.
.
Kerjasama PIP Semarang dengan Sekolah Vokasi UGM sudah tak asing lagi. Pada tahun 2017 kedua institusi ini melaksanakan “Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT)” pada November 2017, dan pada Juli 2017, perwakilan Sekolah Vokasi UGM menyampaikan sosialisasi mengenai Bahaya Penyakit Akibat Banjir dan Langkah Penanggulangannya pada nelayan Juwana dan sekitarnya saat mengikuti diklat Basic Safety Training (BST) dari PIP Semarang. MoU kedua institusi ini telah dilaksanakan pada 2016 lalu.
.
PIP Semarang terus melaksanakan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan seperti dengan Undip dan Stiepari Semarang, serta juga tergabung dalam Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT).
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #penelitian #riset #risetdanteknologi #rnd

@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response