Menu Multilavel
VIDEO


JURUSAN NAUTIKA

VISI PROGRAM STUDI JURUSAN NAUTIKA


  • Terciptanya kader kader perwira pelayaran niaga jurusan Nautika yang andal, profesional, berbudi luhur sesuai butir butir Pancasila dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada program studi Nautika tahun 2019
  • serta mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saling bangsa pendidikan berkualitas yang berstandar Nasional dan Internasional sesuai ketentuan dari IMO.

MISI PROGRAM STUDI JURUSAN NAUTIKA


  • 1. Menyelenggarakan pendidikan dan ketrampilan di program studi Nautika yang profesional sesuai standar Nasional dan Internasional;
  • 2. Menyelenggarakan hubungan berbagai instansi terkait dengan pengembangan pengetahuan taruna/taruni Nautika Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang untuk menghadapi persaingan global;
  • 3. Melaksanakan penelitian di program studi Nautika guna mendukung teknologi pelayaran yang bermanfaat bagi industri maritim;
  • 4. Melaksanakan pengabdian di bidang pelayaran untuk kemakmuran masyarakat secara luas;

PROGRAM KEAHLIAN


Program Diploma IV (D-IV)
Lama Pendidikan : 8 Semester

Sistem Pengajaran :

  • Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni PIP Semarang
  • Pendidikan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi 158 SKS
  • Semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktek laboratorium di kampus
  • Semester 5 dan 6 praktek di kapal-kapal niaga selama 1 (satu) tahun penuh
  • Semester 7 dan 8, Taruna/Taruni dilengkapi dengan materi kuliah Diploma IV dan materi kuliah teori untuk kompetensi ANT - II

Dunia Kerja :
  • Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik
  • Industri Pelayaran
  • On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak)
  • Instansi Pemerintah
  • TNI / POLRI
  • Biro Klasifikasi Asing dan Domestik

Peserta yang dinyatakan LULUS/TAMAT akan diberi ijazah sebagai berikut:

  • Ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional S.ST.Pel (Sarjana Sains Terapan Pelayaran)
  • Sertifikat Ahli Nautika Tingkat III (ANT - III)