Tunas Taruna Angkatan LV PIP Semarang Laksanakan Caraka Malam, Long March dan Prosesi Mandi Laut

Tunas Taruna Angkatan LV PIP Semarang melaksanakan kegiatan Caraka Malam, Long March dan Prosesi Mandi Laut pada Kamis-Jum’at, 29-30 November 2018. Pada Upacara pemberangkatan, bertindak sebagai Inspektur Upacara Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E.
.
Para Tunas Taruna diberangkatkan pada Kamis malam (29/11) usai hujan yang mengguyur Kota Semarang reda. Mereka terbagi atas 23 Peleton, dengan jumlah masing-masing peleton kurang lebih 24 orang/1 kelas, kecuali untuk taruni terdiri dari 2 pleton dengan jumlah 50 orang. Pemberangkatan dilaksanakan secara bertahap dengan transportasi dalam 3 kloter, yang masing-masing terdiri dari 7 Peleton. Jumlah seluruh Tunas Taruna Angkatan LV adalah 515 dengan rincian Tunas Taruna berjumlah 465 orang, dan Tunas Taruni 50 orang.
.
Kegiatan Caraka Malam dilaksanakan di area pemakaman dan Krematorium Kedung Mundu, Semarang. Kegiatan ini mengikuti teknik komunikasi yang digunakan oleh tentara zaman dahulu sebelum ada telepon, sms, atau bahkan internet. Taruna diberikan suatu pesan rahasia oleh pembina, dan dia harus menyampaikannya ke tujuan pesan bagaimana pun caranya, tanpa sepengetahuan orang lain.
.
Kegiatan kedua adalah Long March. Para Tunas Taruna dilepas oleh Wakil Direktur (Wadir) III, Dodik Widarbowo, M.T., M.Mar, dari Krematorium Kedungmundu menuju Pantai Marina, Semarang . Mereka berjalan kaki secara berombongan menempuh jarak kurang lebih 17 Km dengan rute Krematorium Kedungmundu – Jl. Lamper – Jl. Birgjen Sudiarto/Majapahit – Bangkong – Jl. Ahmad Yani – Simpang Lima (istirahat), kemudian dilanjutkan Jl. Pandanaran – Tugu Muda – Banjir Kanal Barat – Semarang Indah – PRPP dan berakhir di Pantai Marina.
.
Usai melaksanakan Sholat Subuh bagi yang muslim di Pantai Marina, kegiatan selanjutnya adalah Prosesi Mandi Laut. Acara kali ini dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S. E. Inspektur Upacara menutup rangkaian kegiatan dua hari ini ditandai dengan menyiramkan air bunga tujuh samudera secara simbolis kepada perwakilan taruna/i, bersama-sama dengan Wadir II Sarifuddin, M.Pd., M.Mar.E, Wadir III dan Kepala Pusat Pembangunan Karakter & Perwira Siswa Capt. I Kadek Laju, SH, MM, M.Mar.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #longmarch #carakamalam #mandilaut #prosesimandilaut #tunastaruna
@kemenhub151 @bpsdmp151 @pipsemarangzone

Leave a Response