Upacara Bon Voyage Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan Tingkat I dan Diklat Perwira Kapal Negara

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E memimpin upacara Bon Voyage Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan Tingkat I dan Diklat Perwira Kapal Negara di Plaza Taruna PIP Semarang pada Selasa, 27 November 2018.
.
Bon Voyage kali ini mengangkat tema “Lulusan PIP Semarang Siap Meninigkatkan Kualitas dan Sinergitas Maritim Nasional dan Internasional Serta Berkerja Melayani Negeri Dengan Sepenuh Hati”. Dengan berpedoman pada hal tersebut, dalam sambutannya Direktur PIP Semarang berpesan kepada lulusan, pelaut harus mampu memberikan sumbangsih bagi terwujudnya cita-cita bangsa untuk menjadi poros maritim dunia menngingat potensi besar yang dimiliki maritim indonesia.
.
Direktur PIP Semarang menyatakan, Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, menuntut kita semua, termasuk para pelaut untuk semakin berkualitas dan profesional, agar mampu bersaing secara global. MEA tidak saja membawa tantangan, tetapi juga peluang karena, tidak hanya tantangan berupa masuknya tenaga asing pelaut masuk ke industri maritim indonesia, tetapi juga sebaliknya.
.
“Peluang pelaut indonesia untuk masuk ke industri maritim Asean juga semakin besar. Tentu saja jika para pelaut indonesia dibekali dengan kompetensi dan profesionalisme yang mumpuni. Dimanapun pilihan anda bekerja, di kapal asing maupun di kapal nasional, keduanya sama-sama terhormat, dan upayakan selalu meningkatkan kualitas dan sinergitas maritim nasional dan internasional serta bekerja melayani negeri dengan sepenuh hati dan ikut bertanggung jawab semaksimal mungkin dalam menjaga dan meningkatkan keselamatan pelayaran,” pesan Direktur PIP Semarang.
.
Ketua Panita Bon Voyage, yang juga merupakan Kepala Subbagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni, BUDI JOKO RAHARJO, M.M. dalam Laporan Pendidikannya menyatakan Lulusan diklat peningkatan kompetensi kepelautan tingkat I Angkatan X adalah sebanyak 43 orang. Terdiri dari 18 orang Ahli Nautika Tk I dan 25 orang Ahli Teknika Tk I. Selama kurang lebih 4 (empat) `bulan Para Perwira Siswa ini telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai dengan Kurikulum Program Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan dan Peningkatan Kompetensi di Bidang Pelayaran yang tercantum dalam Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK.07/BPSDMP-2016. Kepada mereka nantinya akan diberikan Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut ANT/ATT I.
.
Sedangkan Peserta Diklat Perwira Kapal Negara (DPKN) Tingkat 3 yang berasal dari Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan terdiri dari: 20 orang Program Studi Nautika dan 24 orang Program Studi Teknika. Mereka berasal dari Pangkalan Saran Operasi Tanjung Balai Karimun, Tanjung Priuk, Batam dan Pantoloan. Para peserta diklat telah mengikuti pendidikan dan pelatihan selama kurang lebih 4 (empat) bulan yang meliputi pembelajaran teori dan praktek. Selanjutnya mereka berhak untuk memperoleh Certificate of Competency (COC) atau sertifikat keahlian pelaut ANT/ATT V.
.
Dalam Upacara Bon Voyage hadir Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah Anton Nanang Gunawan; Kepala Seksi Nautika Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun, Rully Devriantoro; Hasanuddin dan Eko Setyawan Nugroho Pelaksana Pemeriksa Subbagian Pengembangan Pegawai I Sekretariat Direktorat Jenderal Bea Cukai.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #sertijab #alihtugas #mutasi . @kemenhub151 @bpsdmp151 @pipsemarangzone

Leave a Response