PIP Semarang Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST Kapal Layar Motor Bagi Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat Angkatan III

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerjasama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Kalimantan Tengah dan Pemda Kotawaringin Barat menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) pada Kapal Layar Motor (KLM) untuk masyarakat wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat pada Rabu–Jum’at, 21 – 23 November 2018 di Hotel Swiss Belinn, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.
.
Diklat dibuka oleh Direktur PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E., ditandai dengan pernyataan pembukaan diklat dan penyematan tanda peserta kepada perwakilan yang ditunjuk. Dalam sambutannya Direktur PIP Semarang menyatakan bahwa pelaksanaan diklat pemberdayaan masyarakat ini merupakan bagian upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan pelayaran sekaligus mencegah korban jiwa.
.
Direktur PIP Semarang melanjutkan, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah daerah secara terus menerus senantiasa mengupayakan diri untuk melaksanakan pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan diklat pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas para pekerja di kapal dan untuk memenuhi persyaratan berlayar sesuai Inpres 9 Tahun 2016 tentang Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 63 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa di Bidang Transportasi.
.
Sementara itu Kepala Subbagian Administrasi Akademik (Kasubag AAK) PIP Semarang, Andri Yulianto, M.T. dalam laporan penyelenggaraan diklat menyatakan bahwa DPM BST KLM bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat angkatan ketiga ini dilaksanakan selama 3 hari. Adapun jumlah peserta sebanyak 200 orang berasal dari Pelajar SMA Sederajat beserta para guru; Mahasiswa dan para tenaga pengajar; unsur Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat, serta Masyarakat kabupaten Kotawaringin Barat.
.
Menurut Kasubag AAK, Diklat BST KLM telah dilaksanakan dua kali. Yang pertama diikuti 300 orang peserta, dan yang kedua sebanyak 600 orang. “Sehingga Diklat BST KLM yang bersumber dari Anggaran DPM PIP Semarang untuk Masyarakat Kotawaringin Barat total berjumlah 1100 orang,” katanya.
.
Materi Diklat BST KLM yang disampaikan diantaranya adalah: Personal Survival Technique / Teknik Penyelamatan Diri; Elementary First Aid / Dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan; Fire Fighting / Pemadaman Kebakaran; dan Personal Safety And Social Responsibilities / Keselamatan Diri dan Tanggung Jawab Sosial.
.
Dalam kegiatan ini hadir pula Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmad Riansyah, S.IP; Ketua DPRD, Triyanto; Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat; Kepala KSOP Kumai beserta unsur Maritim Wilayah Kotawaringin Barat; Kapolres Kotawaringin Barat; Komandan Kodim; Komandan Pangkalan Udara TNI AU Iskandar Pangkalan Bun; dan Kadishub Kota Waringin.
.
Sumber Foto: Tim DPM Kumai
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdmperhubungan #bpsdm151 #pip #pipsmg #pipsemarang #diklatpemberdayaanmasyarakat #kumai #kalteng #basicsafetytraining #bst #klm #kapallayarmotor #keselamatan #keselamatandasar
.
@kemenhub151 @bpsdmp151 @pipsemarangzone

Leave a Response