Unit Perpustakaan PIP Semarang Studi Banding ke Perpustakaan Unhas dan UIN Alauddin Makassar

Unit Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan studi Banding ke perpustakaan Universitas Hasanuddin dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada Rabu-Jum’at, 17-19 Oktober 2018.
.
Rombongan dipimpin Wakil Direktur I, Nasri, MT, didampingi Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan Alfi Maryati, SH, dan dua pustakawan, Meti Rofiani, S.Hum dan Agus Wahyudi, S.Hum, MA. Tujuan studi banding ini untuk melihat dari dekat pengelolaan perpustakaan kedua universitas tersebut.
.
Kunjungan di hari pertama, rombongan diterima Kepala Perpustakaan Universitas Hasanuddin, Dr.Muh Najib, M.Lib, didampingi Kabag Tata Usaha Perpustakaan Ir. Annis Assiri, MM. serta jajaran pustakawannya, yaitu Maria S.Sampe, M.Si, Jamaluddin, MM dan Nasri Abdul. Sejumlah hal yang dapat digali diantaranya adalah, Perpustakaan Unhas menjalin kerjasama dengan berbagai kedutaan seperti Perancis, Korea, Jepang dan berbagai BUMN seperti Bank Mandiri dan Bank Indonesia. Kerjasama ini membuahkan hasil adanya berbagai corner terkait di dalam Perpustakaan, dengan desain, layout, rak buku dan koleksi buku sumbangan dari kedutaan dan BUMN tersebut.
.
Selanjutnya perpustakaan Unhas secara rutin membuka kelas khusus literasi informasi dengan menyediakan 30 pc komputer untuk sarana akses e journal yang dibimbing oleh seorang pustakawan. Hal menarik lainnya adalah tersediannya sarana electric charging untuk laptop dan koneksi internet dengan bandwith yang memadai agar searching informasi berjalan semakin cepat dan lancar.
.
Di hari berikutnya, rombongan mengunjungi perpustakaan UIN Alauddin dan diterima Kepala Perpustakaan UIN Alauddin yaitu Quraisy, beserta jajaran pustakawannya di ruang audio visual. Perpustakaan ini menggunakan konsep library cafe untuk menjaring kunjungan pemustaka yang umumnya adalah generasi milenial, yang lebih menyukai membaca melalui smartphone, gadget sembari diiringi musik.
.
Hal lain yang dapat diamati adalah layanan repository sangat ramai dikunjungi mahasiswa, khususnya mahasiswa yang dalam proses menyelesaikan proposal skripsi, tesis maupun disertasi, dan menghadapi sidang. Kampus ini menetapkan kebijakan bebas plagiasi dengan prosentase tertentu. Salah satu layanan perpustakaan adalah cek plagiasi dengan software turnitin.
.
Dengan adanya studi banding ini diharapkan perpustakaan PIP Semarang dapat segera meningkatkan layanan kepada pemustaka sehingga makin meningkatkan kunjungan, yang merupakan instrumen akreditasi perpustakaan.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #pelayananpublik #perpustakaan #perpustakaankampus #studibanding
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response