Perpustakaan PIP Semarang Selenggarakan Workshop Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi

Unit Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan workshop Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi pada Kamis – Jumat, 25 – 26 Oktober 2018 di Hotel Haris Sentraland Semarang. Penyelenggaraan workshop ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para peserta mengenai penyelenggaraan akreditasi Perpustakaan perguruan tinggi.
.
Workshop dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Kabag AAK menyampaikan bahwa akreditasi perpustakaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu dan kualitas pengelolaan perpustakaan yang dilakukan dengan penilaian sesuai standar, kebijakan dan prosedur penyelenggaraan perpustakaan secara nasional. Akreditasi juga merupakan evaluasi terhadap aspek-aspek penyelenggaraan perpustakaan apakah sesuai standar nasional perpustakaan atau belum.
.
“Perpustakaan PIP Semarang yang merupakan perpustakaan kemaritiman harus mulai melanggan majalah elektronik, buku elektronik yang bersubjekkan kemaritiman, mengingat bahwa luas ruang perpustakaan yang terbatas, sehingga perlu disiasati selain menyediakan buku teks juga mulai menyediakan layanan buku elektronik,” kata Kabag AAK.
.
Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, Alfi Maryati, SH menyampaikan tiga hal pokok yang perlu menjadi perhatian terkait pengembangan layanan perpustakaan PIP Semarang, yaitu: perluasan ruang perpustakaan agar dapat menampung buku-buku baru; dukungan anggaran untuk akses berbagai layanan seperti e journal, e book, security gate, perangkat layanan mandiri, langganan aplikasi plagiasi, dan lain sebagainya; serta pentingnya perhatian Kementerian Perhubungan terhadap pembinaan dan pengembangan perpustakaan Unit Pelaksana Teknis, terutama yang ada di sekolah kedinasan, khususnya dalam hal peningkatan kapasitas pustakawan.
.
Workshop menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional Drs. Nurcahyono, SS, M.Si, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca (P3MB) Perpustakaan Nasional RI dan Drs. Supriyanto, M.Si, Pustakawan Madya Perpustakaan Nasional RI. Pembicara pertama menyampaikan materi Kebijakan Akreditasi Perpustakaan. Dua hal yang terpenting adalah perpustakaan dikelola oleh tenaga professional, yaitu perpustakaan dikelola oleh tenaga profesional yang berijazah ilmu perpustakaan dan memiliki sertifikasi pustakawan. Narasumber berikutnya menjelaskan mengenai pelaksanaan akreditasi perpustakaan menggunakan borang baru yang berlaku April 2018.

.
Kegiatan diikuti oleh seluruh jajaran manajemen PIP Semarang beserta para pustakawan Perpustakaan PIP Semarang.
.
#kemenhub #kemenhub151 #bpsdm #bpsdmp151 #pip #pipsemarang #perpustakaan #perpustakaankampus #akreditasiperpustakaan #workshopperpustakaan
.
@kemenhub151
@bpsdmp151
@pipsemarangzone

Leave a Response